Mutiara Hadits Bukhari Muslim - Terjemah Kitab Al-Lu'lu wal Marjan

Al-Hadist



  • Mutiara Hadits Bukhari Muslim - Terjemah Kitab Al-Lu'lu wal Marjan
    Mutiara Hadits Bukhari Muslim - Terjemah Kitab Al-Lu'lu wal Marjan
Harga Lama:Rp. 139.000,-
Harga:Rp. 129.000,-
Ingin bertanya?

Judul asli buku ini adalah Al Lu’lu wal Marjan fil ma Ittifaqa Alaihi Al Syaikhan, yaitu himpunan hadits shahih yang disepakati oleh Bukhari dan Muslim, atau juga dikenal sebagai hadits muttafaqun alaih.

 

Imam Bukhari dan Imam Muslim merupakan dua otoritas tertinggi dalam dunia periwayatan hadits shahih. Hadits-hadits yang diriwayatkan keduanya memberi syarat yang sangat ketat atas matan (isi) maupun sanad (silsilah periwatan) hadits.

 

Integritas orang-orang yang meriwayatkan hadits (perawi hadits) juga sangat diperhatikan, seperti tidak pernah berdusta, kuat ingatannya, pernah bertemu dengan perawi sebelumnya, dan lain-lain. Dalam salah satu riwayat disebutkan bahwa Imam Bukhari pernah menolak integritas seorang perawi hadits, hanya karena orang itu pernah “berdusta” kepada seekor kuda. Ia memanggil kuda dengan berpura-pura memberi makan, padahal di genggaman tangannya tidak ada makanan.

 

Imam Abdurrahman Asy-Syafi’I membagi khazanah hadits-hadits shahih, dalam tujuh tingkat. Pada tempat tertinggi adalah shahih muttafaqun alaih yang disepakati oleh Bukhari Muslim ini. Diikuti oleh : Shahih yang hanya diriwayatkan oleh Bukhari; Shahih yang diriwayatkan oleh Muslim; Shahih menurut syarat yang ditentukan oleh Bukhari dan Muslim, tetapi keduanya tidak meriwayatkan hadits itu; dan seterusnya. Kesemuanya termasuk ketegori hadits-hadits shahih sehingga dapat dipakai oleh ummat Islam untuk menentukan hukum.

Keterangan
Cover Hard Cover
Jenis Kertas HVS 70 Gram
Ukuran 18 x 23 Cm