Ilmu Ushul Fiqih

Fikih


Harga:Rp. 35.000,-



Ilmu ushul fiqih adalah ilmu yang diperlukan mujtahid untuk menjelaskan nash-nash dan menemukan hukum yang tidak ada nashnya. Ushul fiqih juga diperlukan hakim dalam memahami undang-undang secara sempurna demi mewujudkan praktik keadilan serta selaras dengan tujuan yang dimaksudkan oleh syari’ (hukum Allah). Ushul fiqih juga sangat dibutuhkan oleh para faqih (Ahli fiqih) untuk pembahasan, pengkajian, analisis, dan perbandingan antara berbagai madzhab dan pendapat.

 

Secara garis besar buku ini dibagi menjadi lima bagian, 1 muqaddimah dan 4 bagian pembahasan inti. Muqaddimah berisi perbandingan umum antara ilmu fiqih dan ilmu ushul fiqih. Bagian pertama membahas mengenai dalil-dalil dasar pengembangan hukum-hukum syar’iyyah. Bagian kedua membahas hukum syar’iyyah. Bagian ketiga berisi kaidah-kaidah pokok pembahasan pedoman dalam memahami hukum dari berbagai nashnya. Bagian keempat berisi kaidah-kaidah ushuliyyah tasyri’iyyah (pokok-pokok pembentukan hukum) yang diterapkan dalam memahami hukum dari nashnya, mengenai istinbath, hukum terhadap sesuatu yang tidak ada nashya.

 

Pada bagian akhir, ditutup dengan ringkasan yang lengkap mengenai sejarah pembinaan hukum Islam yang di dalamnya dijelaskan perkembangannya juga.

Keterangan
Cover Soft Cover
Jenis Kertas HVS 70 Gram
Penulis Prof. Abdul Wahhab khallaf
Tebal 364 Halaman
Ukuran 14 x 21 Cm