Fikih

  • Halaman: « Kembali 1 2 3 4 Lanjutkan »
  • Hujjah Kaum Santri ( 2 Jilid) Kumpulan Ibarot, Mendemostrasikan Khazanah Klasik, Membuka Tabir, Mengurai Dinamika Fenomenal dan Aktual, Menyikap Problematika Umat Masa Kini

    Fikih

    Buku "Hujjah kaum Santri dari Pojok serambi" ini merupakan kumpulan dari refrensi-refrensi ulama' fiqh salaf dan khalaf Madzab Al-Arba'ah, yang berisi tentang permasalahan yang sering terjadi dalam masyarakat. Buku ini, selain melengkapi dari buku-buku yang sudah ada, juga tentunya sedikit banyak akan dapat menjawab problematika yang terjadi di tengah-tengah kita semua.

    Untuk memudahkan pembaca dalam memahami, penulis menjadikan buku ini dalam dua jilid. Jilid I tentang 'Ubudiyyah, Jilid II tentang mu'amalah dan Munakahah.
    Harga:Rp. 110.000,-
  • Hukum Merawat Jenazah, Dari Memandikan Sampai Memakamkan Menurut Syariat Islam

    Fikih|Ibadah

    Mati adalah sebuah keniscayaan, artinya setiap makhluk hidup, termasuk juga manusia pasti akan mengalami mati. Jika ajal menjemputnya, tidak mungkin dapat diundur atau dimajukan. Tidak ada pemberitahuan terlebih dahulu, dan juga tidak bisa menghindar darinya, di manapun ia berada, sekalipun dalam benteng atau bungker sekuat apa pun, ajal pasti datang dan pasti menjemputnya.


    Seseorang yang sudah dinyatakan mati oleh ahlinya; dokter, para medis dan lainnya, maka wajib bagi ahli waris-nya atau orang lain untuk memandikan, mengafankan, menyalatkan dan memakamkannya, dengan baik, dengan aturan dan tata krama yang diatur oleh syariat Islam.


    Namun demikian, banyak hal yang diperselisihkan perihal yang berkaitan dengan mayat atau jenazah; baik ketika memandikan, mengafankan, menyalatkan, meletakkan/menidurkan di tempat tidur, mengiring, posisi imam ketika mengimami shalat jenazah, atau menangisi mayat, menabur bunga, mentalqin dan lain sebagainya.


    Buku ini mencoba untuk mengurai dan menjawab masalah tersebut di atas, mudah-mudahan Allah memberikan kemudahan untuk semua itu.

    Harga:Rp. 22.000,-
  • Hukum-Hukum Wanita dalam Fiqih Islam, Terjemah Kitab Ahkamul Mar’ati Fi Fiqhil Islamy

    Fikih|Muslimah

    Buku ini akan mengupas secara mendalam hal hal yang berkaitan dengan Fiqih Wanita. Antara lain masalah masalah fiqih yang melekat pada kaum waita, seperti: Haidh, Nifas, Istihadhoh, Hijab, Berhias diri, dan sebagainya. Juga akan dibahas masalah fiqih terkait dengan problematika perkawinan, seperti: Mahar Perkawinan, Nafkah Rumah Tangga, Hak pemeliharaan anak, Penyusuan, Harta Gono Gini, Masalah Talak / Perceraian, Masa Iddah, Warisan bagi wanita.

     

    Di samping itu juga akan dibahas masalah masalah fiqih kontemporer, seperti Hukum wanita bekerja, Hukum Bayi tabung. Di bagian akhir buku ditambahkan berbagai hukum Undang Undang tentang perkawinan / perceraian di berbagai negara negara di dunia.

    Harga:Rp. 45.000,-
  • Ilmu Ushul Fiqih

    Fikih

    Ilmu ushul fiqih adalah ilmu yang diperlukan mujtahid untuk menjelaskan nash-nash dan menemukan hukum yang tidak ada nashnya. Ushul fiqih juga diperlukan hakim dalam memahami undang-undang secara sempurna demi mewujudkan praktik keadilan serta selaras dengan tujuan yang dimaksudkan oleh syari’ (hukum Allah). Ushul fiqih juga sangat dibutuhkan oleh para faqih (Ahli fiqih) untuk pembahasan, pengkajian, analisis, dan perbandingan antara berbagai madzhab dan pendapat.

     

    Secara garis besar buku ini dibagi menjadi lima bagian, 1 muqaddimah dan 4 bagian pembahasan inti. Muqaddimah berisi perbandingan umum antara ilmu fiqih dan ilmu ushul fiqih. Bagian pertama membahas mengenai dalil-dalil dasar pengembangan hukum-hukum syar’iyyah. Bagian kedua membahas hukum syar’iyyah. Bagian ketiga berisi kaidah-kaidah pokok pembahasan pedoman dalam memahami hukum dari berbagai nashnya. Bagian keempat berisi kaidah-kaidah ushuliyyah tasyri’iyyah (pokok-pokok pembentukan hukum) yang diterapkan dalam memahami hukum dari nashnya, mengenai istinbath, hukum terhadap sesuatu yang tidak ada nashya.

     

    Pada bagian akhir, ditutup dengan ringkasan yang lengkap mengenai sejarah pembinaan hukum Islam yang di dalamnya dijelaskan perkembangannya juga.

    Harga:Rp. 35.000,-
  • Intisari Fiqih Madzhab Syafii Terjemah Kitab Nailul Roja Habib Ahmad bin Umar Asy-Syathiri

    Fikih

    Bagi Para Penuntut Ilmu, rasanya kitab "Safinatunnaja' " sudah tidak asing lagi ditelinga kita . Buku yang ada di tangan anda ini adalah buku Syarah atau penjabaran dari kitab Safinatunnaja' tersebut , yang berjudul "Nailurraja' " , yang merupakan karya agung seorang ahli fiqih terkemuka di zamannya yang berasal dari kota Tarim, Hadramaut, beliau adalah Al Allamah Al Faqih Al Habib Ahmad Bin Umar Asy Syathiri Al Alawi Al Husaini .

    Alhamdulillah kami, penerbit Cahaya Ilmu telah menerbitkan terjemahan dari kitab Nailurraja', yang kami beri judul Intisari Fiqih Madzhab Syafi'i. Yang mana didalamnya berisi tentang penjelasan dasar dasar hukum fiqih yang berkaitan dengan problematika kehidupan manusia, yang ditulis dengan bahasa yang sederhana dan mudah dicerna .

    Hendaknya bagi penganut Madzhab Syafi'i , terutama para pelajar, menjadikannya buku ini sebagai pedoman dalam mengetahui dasaran tentang hukum hukum fiqih . Karena dengan fiqih ini merupakan pintu utama untuk memasuki gerbang agama ini setelah kita mengenal tauhid
    Harga:Rp. 50.000,-
  • Jabalkat Jawaban Problematika Masyarakat (2 Jilid)

    Fikih

    Buku ini berisi lebih dari 450 jawaban atas problematika masyarakat, baik yang berkaitan dengan akidah, ibadah, muamalah, ataupun interaksi sosial lain yang sering mencuat di tengah-tengah kita. 

    Hampir di setiap jawaban disertai dalil al-Quran, al-Hadist, Qaidah Fiqhiyah, Qaidah Ushuliyah, dan referensi kutub as-Salaf al-Mutabar (kitab kuning), baik dari khazanah fiqih, tafsir, akidah, tasawuf, atau yang lainnya. Serta dikemukakan pula argumentasi fiqhiyah (illat hukum) secara rasional.
    Harga:Rp. 130.000,-
  • Jalan Menuju Akhirat, Nasehat-Nasehat Pilihan Al-Habib Zein bin Sumaith, Terjemah Kitab Fawaidul Mukhtarah

    Fikih|Ibadah|Petuah Bijak

    Buku ini berjudul ‘Jalan Menuju Akhirat, Nasehat-Nasehat Pilihan Al-Habib Zein bin Sumaith’ berisi tentang motivasi, kisah serta peringatan yang diambil dari Al-Qur’an, Hadits, kalam hikmah dari para sahabat Nabi Saw dan para salaf sholeh.

     

    Pembahasan dalam buku ini lebih banyak mengupas tema-tema piihan yang dibutuhkan dalam kehidupan khususnya yang berkaitan dengan ilmu, keimanan, adab, sholat, sedekah, dzikir dan doa, halal haram, serta hal-hal yang berkaitan dengan hak-hak seorang muslim.

     

    Dengan menggunakan bahasa yang lugas dan sederhana, terjemah kitab Fawaidul Mukhtarah ini akan mudah dicerna dan dipahami sehingga akan memberikan kontribusi yang besar dalam kehidupan seorang pribadi muslim untuk senantiasa menuntut ilmu dan mengamalkannya, senantiasa mendekatkan diri kepada Allah Swt dengan penuh keimanan melalui dzikir dan doa, menaikan hak-hak saudaranya sesama muslim sehingga dengan nasehat-nasehat pilihan ini dapat menyadarkan umat untuk menjalankan perintah Allah Swt dan menjadi hambaNya yang muttaqin.

    Harga:Rp. 210.000,-
  • Kajian Sulam At Taufiq, DIlengkapi Tanya Jawab dan Makna Jawa Pegon

    Fikih

    Kami sangat bersyukur serta bahagia atas hadirnya buku yang disusun oleh salah satu santri lirboyo ini. Kami menilai bahwa buku ini sangat layak disebar luaskan dan dimiliki oleh para santri hususnya serta umat islam pada umumnya.

    Buku ini berisi tentang "Terjemah Sulam At-Taufiq" dilengkapi dengan makna Pegon dan Tanya Jawab terkait kasus-kasus yang terjadi di masyarakat sekitar kita. Karya tulis ini sangat istimewa dan kaya dengan referensi ermasalahan-permasalahan fiqh. Dua Syarah Sulam Taufiq yakni kitab Is-'durrofiq dan kitab muro'qusu'udiyyah sebagai bahan pokok rujukan terkait Tanya Jawab yang termuat dalam buku ini.
    Harga:Rp. 75.000,-
  • Kamasutra Al-Qur’an, Seni Membahagiakan Pasangan Menurut Al-Qur’an

    Fikih|Ibadah|Umum

    Berhubungan seks tidak hanya sebatas untuk mendapatkan keturunan semata, tetapi yang tak kalah pentingnya adalah sebagai sebuah sarana untuk membahagiakan pasangan masing-masing, sehingga tujuan perkawinan yang ingin menjadikan keluarga yang sakinah, mawaddah wa rahmah dapat tercapai dengan baik. Ini sebagaimana diungkapkan dalam al-Qur’an sebagai berikut: “Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir” (QS. Al-Rum/30:21)


    Banyak pasangan keluarga yang telah dibina bertahun-tahun lamanya, akhirnya putus di tengah jalan hanya disebabkan oleh persolan seks. Mengapa? Karena banyak pasangan yang masih bersikap egois dan hanya mementingkan dirinya sendiri ketika mereka melakukan hubungan seksual dengan pasangannya. Lagi-lagi, dalam berhubungan seksual diharapkan kedua pasangan harus bisa saling memahami, menikmati dan mencapai orgasme (kenikmatan) secara bersama-sama.


    Buku ini menyajikan informasi tentang hubungan seksual antara suami istri yang bersumber dari al-Qur’an. Layak dibaca oleh pasangan muslim-muslimat, baik yang baru saja melangsungkan pernikahan ataupun pasangan yang sudah menikah bertahun-tahun. Selamat membaca! 

    Harga:Rp. 45.000,-
  • Keluarga Sakinah – Terjemah Kitab Uqudullujain

    Fikih|Ibadah

    Buku ini menjadi sangat penting untuk dikaji oleh mereka yang akan memasuki dunia perkawinan dan berumah tangga maupun bagi mereka yang sudah berkeluarga. Karena di dalamnya berisi penjelasan tentang masalah-masalah hak dan kewajiban suami istri, yang dilengkapi dengan landasan ayat-ayat al-Qur’an, al-Hadits dan asar sahabat serta hikayat-hikayat.

     

    Dengan memahami, menghayati dan mengamalkan kandungannya, InsyaAllah akan terbentuk keluarga sakinah, bahagia dan sejahtera.

    Harga:Rp. 15.000,-
  • Kesahihan Dalil Qunut Menurut Syariat Islam

    Fikih|Kontra Wahabi

    Qunut adaalah salah satu diantara sekian banyak masalah khilafiyah. Sebagian ulama membolehkan dan sebagian lagi tidak. Bagaimanakah sebenarnya masalah qunut ini menurut sudut pandang madzhab imam Syafi’i? Apa dalil-dalil yang membolehkan qunut? Apa saja macam-macamnya doa qunut? Bagaimana pula pendapat ulama salaf tentang qunut? Bid’ahkah qunut ?

     

    Buku ini juga akan menjelaskan bagaimana cara pelaksanaan qunut serta cara melaksanakan sujud sahwi.
    Harga:Rp. 20.000,-
  • Kesahihan Dalil Tahlil Menurut Al-Qur’an Dan Al-Hadits

    Fikih|Kontra Wahabi

    Masalah tahlilan di Indonesia, lebih-lebih di pulau Jawa, sudah menjadi budaya yang melekat pada masyarakat umumnya, meskipun masih ada juga yang mempersoalkannya. Persoalannya sebenarnya sederhana, yaitu sampaikah pahala bacaan tahlil kepada si mayit?

     

    Buku ini akan menguraikan secara lengkap berkaitan dengan tahlil. Apa fadilah dan keutamaan-keutamaan bacaan tahlil, hukum tahlil, bagaimanakah pendapat para ulama terkait hal ini? Bolehkah tahlil di samping kubur? Bagaimanakah hukum membaca al-Qur’an secara bersama? Simak semua jawabannya dalam buku ini.

    Harga:Rp. 25.000,-
  • Kesahihan Dalil Talqin Menurut Syariat Islam

    Fikih

    Sudah lazim di kalangan umat Islam, khususnya Ahlussnnah Wal Jamaah, Apabila seseorang meninggal dunia, dan setelah dikuburkan, maka akan dibacakan Talqin, yaitu semacam mendikte untuk memahamkan si mayit agar pada saatnya nanti mampu menjawab pertanyaan Malaikat Munkar dan Nakir.

     

    Namun bagaimanakah sebenarnya hukum Talqin ini? Apa pendapat Imam Ibnu Qudamah, Imam Nawawi, Imam Al-Qurtuby, Syaikh Muhammad al-Khatib Sarbiny, Syaikh Muhammad ibn Alan Ash-Shiddiqy Asy-Syafii Al-Asy’ary Al-Makki, Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab, dan Syakh Sayyid Sabiq tentang Talqin? Benarkah orang yang sudah mati mampu mendengar? Bid’ahkah Talqin?

    Harga:Rp. 10.000,-
  • Kesahihan Dalil Ziarah Kubur Menurut Al-Qur’an dan Al-Hadits

    Akidah|Fikih|Ibadah|Kontra Wahabi

    Ziarah kubur pada awal Islam, ketika pemeluk Islam masih lemah, masih berbaur dengan amalan jahiliyah yang dikhawatirkan dapat menyebabkan perbuatan syirik, Rasulullah saw melarang ziarah kubur, akan tetapi setelah Islam mereka menjadi kuat, dapat membedakan mana perbuatan yang mengarah kepada syirik dan mana yang mengarah kepada ibadah karena Allah, Rasulullah saw memerintahkan ziarah kubur, karena ziarah kubur itu dapat mengingatkan pelakunya untuk selalu teringat mati dan akhirat

     

    Buku ini akan membahas secara lengkap pengertian ziarah kubur, hukum-hukum ziarah kubur, tujuan ziarah kubur, adab dan tata cara ziarah kubur, hal-hal yang dilarang ketika ziarah kubur, serta bagaimana pendapat ulama, termasuk pendapat Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah tentang hal-hal yang berkaitan dengan ziarah kubur.

     

    Disamping itu, akan dijelaskan juga bagaimana ziarah kubur Nabi Muhammad saw, ziarah kubur ulama Shalihin

    Harga:Rp. 11.500,-
  • Kitab Fiqih Ibadah Menurut Madzhab Imam Syafii Karya Sayyid Amin Bin Idrus Bin Syeh Abu Bakar 3 Jilid

    Fikih

    Kitab fiqih ibadah ini merupakan kitab yang menjabarkan fiqih ibadah secara menyeluruh berdasar madzhab Syafii. Dimulai dari bab Thoharoh, sholat fardlu dan sunnah, janaiz, zakat, puasa, iktikaf, haji, umroh, aqiqoh dan udhiyyah.

    Penulis menjabarkan secara detail dan lengkap,sehingga tidak heran jika buku ini terdiri dari tiga jilid buku yang tebal-tebal.
    Dan buku ini hasil pembelajaran dengan guru sang penulis, yakni al-alim al-allamah Habib Zain bin Ibrohim bin Sumaith Madinah, serta rangkuman dari 55 kitab-kitab para Ulama.

    Harga:Rp. 425.000,-
  • Kunci Wanita Shalihah, Bidang Ibadah

    Fikih|Ibadah|Muslimah

    Buku ini berisi tuntunan ibadah mahdhoh {ibadah murni| bagi kaum muslimah. Dimulai dari bahasan mengenai ibadah itu sendiri, Haidh, Nifas, Istihadhah, Thaharah, shalat, zakat, puasa, haji, umrah dan ziarah. Masing masing bab dikupas secara jelas dan tuntas.

     

    Diharapkan dengan buku ini para muslimah dapat mengamalkan tugasnya dalam melaksaakan ibadah kepada Allah Ta’ala yang dalam beberapa hal ada perbedaan dari kaum laki laki pada cara pelaksanaannya, karena memang secara tabiat ada perbedaan penciptaan antara wanita dan laki laki,

    Harga:Rp. 30.000,-
  • Maqashidul Ibadat

    Fikih|Ibadah

    Buku klasik ini hadir menyingkapkan bagi kita rahasia-rahasia shalat, puasa dan haji. Kita diajak menyelami kedalaman makna shalat, puasa, dan haji. Kita dibuat terbuka betapa semua bentuk ibadah adalah hadiah dan anugerah Allah bagi hamba-Nya yang beriman.

    Inilah buku yang menyelamatkan kita dari beribadah sekadar rutinitas. Sebaliknya, kita dituntun untuk beribadah secara cerdas dan berkualitas. Ibadah pun dirasakan bukan sekadar kewajiban, melainkan wahana untuk menumbuhkan kemuliaan jiwa, ketenteraman batin, kesuksesan hidup, dan kebahagiaan manusia sebagai hamba Allah.

    Harga:Rp. 40.000,-
  • Mari Fahami Fiqih Jinayat, Hukum Islam Terhadap Pelaku Tindak Pidana Karya Habib Segaf bin Hasan Baharun.

    Fikih

    Seiring marak dan tingginya angka kriminalitas, perzinahan, perselingkuhan, korupsi, suap-menyuap, pemerkosaan dan pertikaian, bahkan pembunuhan yang menjadi komuditas berita utama di hampir semua media massa. Yang semua Ini menunjukkan semakin rendah martabat dan moralitas bangsa ini, maka kiranya penerapan syariah Islam yang sudah lama hanya menjadi wacana, diharapkan terus berkembang untuk menjadi harapan dan kerinduan untuk dilaksanakan sebagai solusi efektif untuk mengganti hukum yang ada, yang sampai saat ini belum terbukti dan bahkan gagal memecahkan berbagai problema masyarakat yang semakin sulit untuk dikendalikan.

     

    Buku ini ditulis karena melihat banyaknya masyarakat yang kesulitan memahami persoalan fiqih jinayat. Lahirnya buku ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat mempelajari dan memahami syariat Islam, khususnya fiqih jinayat yang merupakan kewajiban.

     

    Buku Fiqih jinayah [hukum Pidana] ini berisi uraian dan paparan lengkap terperinci mulai dari dalil dalil hukum jinayah, hukum dan masalah pembunuhan, proses qishos, hukum penyekapan, hukum pidana bagi kafir harbi, hukum jinayah tindak pidana selain pembunuhan, hukum melukai korban, memotong/menghilangkan sebagian organ tubuh, diyat, kaffaroh, hukum melakukan tuduhan zina dan pembunuhan, serta masih banyak lagi yang lainnya.

    Harga:Rp. 40.000,-
  • Metodologi Fiqih Muamalah, Diskursus Metodologis Konsep Interaksi Sosial Ekonomi

    Fikih

    Buku ini adalah sebuah diskursus metodologis seputar konsep interaksi sosial-ekonomi berbasis syariah, yang memuat lebih dari 30 bab fiqih mu’amalah, yang berhubungan dengan sistem transaksional (‘uqud), baik yang bersifat komersial (mu’awadlah) ataupun non-komersial (tabarru’).

    Kajian dalam buku ini menggunakan pendekatan fiqih metodologis atau manhajî. Yakni suatu kajian yang tidak berhenti pada formulasi fiqih secara definitif-deskriptif (ta’rîfî), melainkan lebih pada eksploitasi penalaran argumentasi-argumentasi fiqhiyah (istinbâth al-hukmi). Karena itu, pembaca akan sangat mudah menjumpai alasan-alasan hukum di hampir setiap paragraf buku ini, baik secara rasional (‘aqli) maupun dalil Al-Quran dan Hadits (naqli).

    Kajian dalam buku ini juga diperkaya dengan istilah-istilah fiqih muamalah, sekaligus disisipkan beberapa kaidah fiqih yang memiliki relevansi dengan konteks masalah (furû’) yang dibahas. Lebih dari itu, penulisan dalam buku ini juga mencantumkan footnote berupa referensi Arab pilihan dari literatur klasik (turâts), sehingga akan memberikan nilai ilmiah tersendiri bagi pembaca yang berkepentingan.

    Harga:Rp. 76.000,-
  • Minhatul Wadud, Pengetahuan dan Hukum Anak Yang Dilahirkan Karya Al-Allamah Habib Sholeh Alayrus

    Fikih

    Islam sangat memperhatikan anak semenjak anak itu dilahirkan. Bahkan sebelum kelahiran anak tersebut, yaitu semenjak seseorang memikirkan tentang pernikahan. Maka Islam mewasiatkan untuk memilih pasangan yang baik dan sholih, demi menjadi kesematan serta keturunan yang baik. Selanjutnya Islam juga memberi tuntunan pada masa kehamilah, kelahiran, menyusui dan semua tahapan pendidikan dan perkembangan anak.

     

    Islam telah menetapkan hak-hak dalam semua tahapan tersebut. Sebagian tahapan telah disebutkan dalam Al-Qur'an dan Hadits telah panjang lebar menjelaskan dengan detail, serta telah menjadikannya bagian dari sunnah.  

     

    Buku ini menjelaskan tentang sesuatu yang sebaiknya dilakukan bagi anak-anak yang baru dilahirkan menurut Madzhab Imam Asy-Syafii. 

    Harga:Rp. 70.000,-
  • Halaman: « Kembali 1 2 3 4 Lanjutkan »