Fikih

  • Halaman: « Kembali 1 2 3 4 5 Lanjutkan »
  • Terjemah Kitab Ar-Risalah, Panduan Lengkap Fikih dan Ushul Fikih karya Imam Asy-Syafi’i

    Fikih

    Jalaluddin Al-Suyuthi berkata, "Disepakati bahwa Asy-Syafi'i adalah peletak batu pertama ilmu ushul fikih yang lengkap dan independen. Dia orang pertama yang menulis ilmunya secara tersendiri." Imam Ahmad bin Muhammad bin hambal menyatakan, "Dulu, fikih itu terkunci pada ahlinya saja, hingga kemudian Allah membukakannya dengan Asy-Syafi'i."

     

    Demikianlah, melalui kitab Ar-Risalah, Imam Asy-Syafi'i telah meletakkan pondasi pertama penulisan dan kodifikasi ilmu ushul fikih, menjelaskan ketentuan-ketentuannya ini serta memperjelas gambarannya. Di dalam Ar-Risalah, Imam Asy-Syafi'i berbicara tentang Al-Qur'an dan penjelasannya. Dia pun mengemukakan bahwa banyak dalil mengenai keharusan berargumentasi berdasarkan Al-Qur'an dan As-Sunnah.

     

    Imam Asy-Syafi'i menulis Ar-Risalah dengan teliti, mendalam, setiap pendapatnya didasarkan dalil, dan mendiskusikan pendapat yang berbeda secara ilmiah, sempurna, dan mengagumkan. Sehingga kitab Ar-Risalah ini menjadi rujukan penting para pakar dan ulama. Siapa pun yang membaca dan menelaahnya, maka dia akan mendapatkan ilmu dan wawasan luas dalam kajian fikih. Imam Al-Muzani (salah satu murid Imam Asy-Syafi'i) pernah mengatakan, "Selama lima puluh tahun aku mendalami kitab Ar-Risalah, dan setiap menelaahnya, aku mendapatkan tambahan ilmu yang belum kuketahui sebelumnya." Semoga kita semua pun dapat mengambil manfaat darinya.

    Stok Habis
    Harga:Rp. 88.000,-
  • Terjemah Kitab At Tadzhib, Kompilasi Hukum Islam Ala Madzhab Syafi’i

    Fikih

    Buku ini adalah terjemah kitab At Tadzhib. Berisi bahasan tentang Fiqih Islam yang amat baik, lengkap dan sempurna. Setiap bahasannya selalu dilengkapi dalil dari Al Quran dan Hadis Nabi Saw. Kitab At Tadzhib adalah karya seorang pakar hukum Islam Dr. Mushafa Daib Al Bigha

     

    Kitab At Tadzhib ini adalah kitab yang merujukkan bahasannya pada kitab yang disusun oleh Al Qadhi Abu Syuja’ Ahmad bin Al Husein bin Ahmad Al Isfahani yang amat terkenal di dunia Islam, yaitu Kitab Matan Ghayah wat Taqrib.

     

    Kitab Matan Ghayah wat Taqrib termasuk kitab fiqih madzhab Syafii yang terbaik, baik dalam format maupun isinya. Meskipun kecil tetapi lengkap, sebab mencakup semua bab fiqih.

    Harga:Rp. 75.000,-
  • Terjemah Kitab Bahjatul Wasail, Syarah Kitab Masail – Syekh Nawawi Al Bantani Al Jawi

    Fikih|Tasawwuf

    Kitab Bahjatul Wasail ini adalah karya ulama besar As-Syaikh Muhammad Nawawi Al-Bantani Al-Jawi As-Syafii A-Qadiri. Kitab ini merupakan komentar dari kitab "Masail" karya As-Sayyid Ahmad bin Zain Al-Habsyi yang memuat tiga bidang ilmu: Ushuluddin, Fiqih dan Tasawuf. Maka buku ini berisi penjelasan tiga permasalahan tersebut, mengenai rukun Islam, Pokok-pokok Keimanan, Ibadah yang meliputi shalat, puasa, zakat, haji dan mengenai akhlak - tasawuf meliputi memelihara hati dan anggota tubuh, yang disertai nash al-Qur'an dan al-Hadits.

    Mempelajari dan mengamalkan kandungan buku kecil ini insya Allah dapat meningkatkan kesempurnaan iman, Islam dan ihsan hingga mencapai tingkat muttaqin. Perlu diketahui, tiga bidang ilmu itu merupakan satu kesatuan yang harus dijiwai setiap muslim dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga ucapan, perbuatan, gerak-gerik, dan tingkah laku kita dalam kehidupan benar-benar bernafaskan ruh Islam. Sebab ada keterangan yang menyatakan: "Siapa mengamalkan fiqih tanpa tasawuf, maka dia zindiq, dan siapa yang bertasawuf disertai fiqih maka benarlah dia."

    Harga:Rp. 10.000,-
  • Terjemah Kitab Buluhgul Maram, Kumpulan Hadits Hukum dan Akhlak, Karya Ibnu Hajar Al-Asqolani

    Al-Hadist |Fikih|Tasawwuf

    Bulûghul Marâm merupakan buku induk klasik yang berisi panduan komprehensif seputar hadits-hadits hukum (fikih). Baik dalam soal ibadah, muamalah, nikah, akhlak, keutamaan amal, jinayat, jihad, hingga dzikir dan doa. Karya fenomenal ulama legendaris Ibnu Hajar al-Asqalani ini disusun sangat sistematis, ringkas, dan bersumber dari buku-buku primer hadits (Kutub as-Sittah).

     

    Buku ini dari masa ke masa senantiasa menjadi rujukan umat Islam, karena setiap hadits yang disebutkan di dalamnya dibarengi dengan penjelasan derajat atau kedudukannya. Karya Ibnu Hajar al-Asqalani ini kian istimewa untuk dimiliki oleh setiap muslim, sebab hadits-hadits yang tertuang dalamnya disusun berdasarkan bab fikih.

     

    Dengan demikian, Bulûghul Marâm adalah buku praktis sekaligus aplikatif untuk meneladani Rasulullah saw. dalam berbagai lembaran kehidupan. Bagaimana pun setiap muslim butuh panduan agar ibadah maupun aktivitas yang dijalankan sesuai dengan apa yang diajarkan oleh Baginda Rasulullah saw.*

    Harga:Rp. 129.000,-
  • Terjemah Kitab Fathul Mu’in – Syekh Zainuddin bin Abdul Aziz Al-Malibari - (3 Jilid)

    Fikih

    Buku ini adalah terjemah dari Kitab Fathul M’in. Kitab ini banyak dikaji dan dipelajari di berbagai pondok pesantren di nusantara. Kitab ini merupakan salah satu kitab rujukan di bidang fikih. Selain berisi terjemahnya, teks Arabnya juga masih disertakan dalam buku ini.

     

    Pembahasan fikih dalam kitab ini cukup lengkap dan mendetail. Berikut adalah rincian garis besarnya:

    Jilid pertama berisi pembahasan: shalat, wudhu, sujud sahwi, azan dan iqamah, shalat-shalat sunnah, shalat berjamaah, shalat jumat, shalat jenazah,

     

    Jilid Kedua: zakat, puasa, iktikaf, haji dan umrah, bab jual beli, bab wakalah dan qiradh, bab ijarah (sewa-menyewa), ariyah (pinjam-meminjam), bab hibah, wakaf, ikrar (pengakuan), wasiat, dan bab faraidh.

     

    Jilid Ketiga: Bab nikah, bab Jihad, bab peradilan, bab dakwaan (tuduhan) dan bayinah (alat bukti), dan bab memerdekakan budak.

    Harga:Rp. 99.000,-
  • Terjemah Kitab Fathul Qarib, Panduan Fikih Madzhab Syafi'i, Lengkap, Praktis dan Mudah Dicerna

    Fikih

    Buku terjemahan ini adalah panduan bagi kita, karena di dalamnya dijabarkan tentang hukum-hukum Islam atau yang lebih kita kenal dengan syariat, baik yang berhubungan dengan muamalah maupun dengan ubudiyah. Mulai dari hukum-hukum bersuci, shalat, zakat, puasa, haji, jual-beli, dan lain sebagainya. Semuanya bersumber dari Al-Qur’an dan Hadits beserta dalil-dalil yang terperinci menurut Madzhab Syafi’i.

     

    Buku ini singkat, namun padat isinya. Semoga buku ini bisa menjadi penyempurna ibadah kita kepada Allah SWT, sehingga senantiasa mendapat ridha-Nya.

    Harga:Rp. 50.000,-
  • Terjemah Kitab Fathul Qorib - Syekh Muhammad bin Qosim Al-Ghazy - (2 Jilid)

    Fikih

    Buku ini adalah terjemah dari Kitab Fathul Qarib. Kitab ini adalah kitab Fikih yang sangat masyhur, terutama di kalangan pesantren, karena kitab ini menjadi salah satu referensi pembelajaran di pesantren-pesantren. Kitab yang ringkas namun padat ini adalah karya Syaikh al-Imam al-Alim al-Allamah Syamsuddin Abu Abdillah Muhammad bin Qasim Asy-Syafi’i.

     

    Kitab ini memuat berbagai persoalan fikih terkait banyak hal. Berikut garis besar isinya:

    Jilid 1 membahas: Hukum-hukum bersuci, hukum-hukum shalat, hukum-hukum zakat, hukum puasa, hukum haji, hukum jual beli dan berbagai transaksi lainnya.

     

    Jilid 2 membahas: Hukum-hukum pembagian waris dan wasiat, Perkawinan dan segala sesuatu yang berhubungan dengannya, hukum-hukum jinayat, berbagai macam hukum Had {hukuman}, Hukum-hukum Jihad, hukum-hukum buruan sembelihan dan makanan, hukum sumpah dan nadzar, hukum peradilan dan persaksian, dan hukum-hukum memerdekaan budak.

    Harga:Rp. 48.000,-
  • Terjemah Kitab Kasyful Lubad, Terjemah Matan Shofwatil Zubad

    Fikih

    Buku ini adalah terjemah dari kitab Kasyful Lubad fi Tarjamah Matan Shofwatil Zubad. Sebuah kitab fikih yang bermadzhab Syafi’i. Buku ini berisi tentang fikih ibadah antara tuhan dengan hambanya seperti shalat, puasa, zakat, haji dan ushuluddin [pokok-pokok agama]. Selain itu juga berisi pembahasan fikih yang berkaitan hubungan antara sesama hamba dalam rangka memenuhi hajat hidupnya, seperti fikih muamalah, fikih munakahat dan fikih jinayat serta terdapat tambahan tentang tasawuf.

    Harga:Rp. 55.000,-
  • Terjemah Kitab Kifayatul Akhyar, Imam Taqiyuddin Abubakar bin Muhammad Al Husaini, 2 Jilid

    Fikih

    Terjemah Kitab Kifayatul Akhyar ini adalah salah satu kitab kuning ilmu fiqh lengkap. Buku ini pernah dijadikan sebagai buku pegangan para pelajar agama di seluruh dunia Islam, yang disusun oleh Al-Qadhi Abu Syujak Ahmad al-Husain bin al-Isfahani, kemudian disyarahkan oleh seorang tokoh terkemuka Al-Imam Taqiyuddin Abubakar bin Muhammad al-Husaini.

     

    Terjemahan buku ini tepat untuk dipelajari oleh para pelajar, santri atau bagi orang-orang yang tidak bisa menggali ilmunya dalam bahasa arab. Buku ini lebih tepat diajarkan di perguruan tinggi ilmu agama atau di masjid-masjid yang menjadi tumpuan bagi mereka yang ingin menambah ilmu syariat Islam yang suci.

     

    Buku ini diterbitkan dalam 2 jilid. Keduanya sangat penting bagi kaum Muslimin yang ingin memperdalam pengetahuan agamanya.

    Harga:Rp. 172.000,-
  • Terjemah Kitab Maroqil Ubudiyah

    Fikih|Karya Imam Al Ghozali|Tasawwuf

    Buku ini adalah terjemahan dari kitab Syarah Maraqil Ubudiyah Alaa Matni Bidayatil Hidayah Imam Ghozali yang menguraikan dan menerangkan secara rinci setiap bab yang terdapat dalam kitab tersebut.

     

    Sebagaimana diketahui, isinya adalah mengenai thaharah, shalat, hakikat puasa, penjagaan anggota anggota tubuh dari berbagai maksiat, tuntutan pergaulan antara sesama muslim, adab orang alim, adab anak terhadap orang tua serta adab adab lainnya yang patut diamalkan oleh setiap muslim.

     

    Kitab ini merupakan salah satu karya ulama besar tanah jawa, bapak kitab kuning Indonesia, yaitu Syekh Muhammad Nawawi Al Bantani Al Jawi.

    Harga:Rp. 30.000,-
  • Terjemah Kitab Maroqil Ubudiyah, Syarah Kitab Bidayatul Hidayah (Hard Cover)

    Fikih|Ibadah

    Buku ini adalah terjemahan dari kitab Syarah Maraqil Ubudiyah Alaa Matni Bidayatil Hidayah Imam Ghozali yang menguraikan dan menerangkan secara rinci setiap bab yang terdapat dalam kitab tersebut.

     

    Sebagaimana diketahui, isinya adalah mengenai thaharah, shalat, hakikat puasa, penjagaan anggota anggota tubuh dari berbagai maksiat, tuntutan pergaulan antara sesama muslim, adab orang alim, adab anak terhadap orang tua serta adab adab lainnya yang patut diamalkan oleh setiap muslim.

     

    Kitab ini merupakan salah satu karya ulama besar tanah jawa, bapak kitab kuning Indonesia, yaitu Syekh Muhammad Nawawi Al Bantani Al Jawi.

    Harga:Rp. 35.000,-
  • Terjemah Kitab Matan Zubad karya Asy Syeikh Al Imam Ibnu Ruslan

    Fikih

    Buku ini merupakan pedoman bagi setiap muslim dan muslimah dalam menjalankan syariat hukum Allah Swt dan RasulNya. Disusun oleh seorang pakar fikih terkemuka di zamannya, yaitu As Syaikh Al Imam Ibnu Ruslan. Buku ini banyak menjadi rujukan para ulama Madzhab Syafii sepanjang zaman.

     

    Di dalamnya berisi hukum hukum fikih, yang tersusun dalam bait baik syair yang ringan dan memudahkan para pembaca untuk memahaminya. Hukum hukum tersebut sebagai bekal kita dalam mengarungi bahtera kehidupan dan landasan agar diterimanya amal ibadah dzahir kita oleh Allah Swt.

    Harga:Rp. 23.500,-»20.000,-
  • Terjemah Kitab Muqoddimah Hadromiyah

    Fikih

    Dibandingkan umur-umur umat masa lalu, umur umat Nabi Muhammad SAW adalah yang paling singkat. Dengan umur yang singkat itu mereka tentu saja tidak mungkin untuk bisa mempelajari semua disiplin ilmu yang ada. Mereka harus memilih dan memilah, mana yang harus diprioritaskan untuk dipelajari.

     

    Sebagai hamba Allah yang diwajibkan untuk beribadah kepadaNya, tentu saja, ilmu yang paling urgen untuk dipelajari adalah tata cara pelaksanaan ibadah tersebut. Agar ibadah yang dijalankan sesuai dengan tuntunan yang diajarkan oleh Rasulullah Saw. Ilmu tersebut adalah ilmu Fiqih.

     

    Salah satu kitab fiqih dasar yang sangat bagus untuk dipelajari karena lengkap dan mu'tamad adalah kitab Muqoddimah Al-Hadromiyah yang disusun oleh al-Imam al-'Allamah asy-Syech Abdullah bin Abdurrahman Bafadhol. Seorang ulama besar bermadzhab Syafi'i. Beliau dilahirkan di kota Tarim-Hadramaut pada 850 H dan meninggal di kota Syehir salah satu kota di kawasan Hadramaut pada Tahun 918 H. Kitab Beliau ini banyak dipelajari dan dihafalkan oleh banyak penuntut ilmu karena mudah dan bagusnya isi yang ada di dalamnya.

    Harga:Rp. 33.000,-
  • Terjemah Kitab Risalatul Jamiah wa Tadzkiroh An-Nafiah, Karya Al-Habib Ahmad bin Zein Al-Habsyi

    Akidah|Fikih|Tasawwuf

    Kitab Risalatul Jamiah adalah kitab yang disusun oleh Al-Allamah Al-Habib Ahmad bin Zein Al-Habsyi. Beliau menimba berbagai bidang ilmu agama Islam dari gurunya Al-Habib Ahmad Abdullah Bilfaqih.

     

    Beliau juga mendampingi, berkhidmat dan belajar kepada Al-Qutub Al-Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad selama 40 tahun, hingga wafatnya penyusun Sang penyusun Ratib itu.

     

    Buku ini pada pokoknya berisi pembahasan tentang Akidah, Syariat dan tasawuf. Selain itu diakhir buku ini terdapat tambahan doa-doa sehari-hari dan tuntunan sholat. Teks bahasa Arab masih disertakan dalam buku ini.

    Harga:Rp. 12.000,-
  • Terjemah Kitab Risalatul Jamiah, Fiqih Praktis Seputar Ibadah Karya Habib Ahmad bin Zein Al-Kaf

    Akidah|Fikih

    Kitab ar-Risalah al-Jami'ah yang ditulis oleh seorang 'arifbillah al-Habib Ahmad bin Zain al-Habsyi ini, merupakan kitab yang luas keberkahannya. Para ulama dan orang-orang saleh mementingkan kitab ini dengan mengajarkannya bagi para pemula. Kitab ini mencakup dasar-dasar ilmu tauhid, fiqih, suluk dan perjalanan menuju Allah yang dikenal dengan ilmu tasawuf.

     

    Kitab ini juga termasuk yang diwasiatkan oleh orang-orang yang berakal dan istimewa dari kalangan mereka yang berilmu dan berpengetahuan agar diajarkan, karena di dalamnya meliputi sendi-sendi agama yang disertai dengan cahaya, keruhanian, dan dampak kebaikan yang melimpah, yang dapat mencapai ke jiwa dan akal pembaca dan pendengar.

     

    Selain itu, dalam buku ini juga disertai penjelasan yng bermanfaat yang berkaitan dengan kitab ini. Penjelasan yang diperlukan bagi pembaca kitab ar-Risalah ini, dan dapat menjadi kunci bagi pembacanya untuk memahami kitab ar-Risalah ini. Begitu juga sebagai perantara untuk memperluas pengetahuan ini pada kitab-kitab yang sebelum atau sesudahnya.

    Harga:Rp. 40.000,-
  • Terjemah Kitab Sabilal Muhtadin Karya Syeh Arsyad Al Banjari [2 Jilid]

    Fikih

    Syekh Muhammad Arsyad bin Abdullah dilahirkan di sebuah desa dekat kota Martapura, Kalimantan Selatan sekitar Tahun 1707 M dari keluarga sederhana, dimasa pemerintahan Sultan Tahlilullah (1700-1734 M). Semenjak kecil sudah tampak ciri-ciri yang luar biasa pada dirinya, diantaranya kecerdasan serta sikap sopan santunnya sehingga Sultan tertarik dan mengirimkannya ke Makkah untuk mempelajari ilmu-ilmu agama Islam.

     

    Di Makkah, ia mempelajari pengetahuan agama Islam dengan Syekh Athaillah dan belajar ilmu tashawwuf dengan Syekh Muhammad bin Abdulkarim al-Madani di Madinah, dan sesudah 35 tahun menuntut ilmu, beliau kembali ke Kalimantan.

     

    Sekembalinya ia mendirikan sebuah tempat pengajian yang kemudian dinamakan "Dalam Pagar". Selama 20 Tahun ia mengajar di tempat itu, banyak murid-muridnya yang datang dari pelosok kerajaan Banjar, sesudah mereka mendapat pendidikan agama yang cukup, mereka kembali ke daerah masing-masing dengan cara demikian agama Islam cepat berkembang dalam kerajaan Banjar.

     

    Disamping mengajar, Syaikh Muhammad Arsyad banyak juga menulis kitab-kitab agama dan sebuah karya yang terbesar adalah: "Kitab Sabilal Muhtadin Lit Tafaguni Fid Din", yang terdiri dari 2 jilid yang kesemuanya beriksikan fikih Ibadah.

     

    Kitab ini merupakan kitab yang menerangkan ilmu fikih dalam Madzhab Syafi'i. dan seluruh uraiannya diambil dari berbagai kitab yang dikarang oleh ulama madzhab Syafi'i, seperti: Syarah Minhaj oleh Syaikhul Islam Zakariya Anshari, Al Mugni oleh Syekh Khatib Syrabaini, At Tuhfah oleh Syekh Ibnu Hajar Al Haitami, An Nihayah Syekh Jamal oleh Syekh Ramli dan beberapa buah matan, syarah dan komentar lainnya.

    Harga:Rp. 120.000,-
  • Terjemah Kitab Safinatun Najaa – Syekh Salim bin Semir Al-Hadhromi

    Fikih

    Buku ini adalah terjemah dari Kitab Safinatun Najaa (Kapal Keselamatan). Kitab ini banyak dikaji dalam dunia pendidikan Islam, terutama di kalangan pelajar dan santri di bumi nusantara ini. Di samping karena sistematika pembahasannya yang bagus, juga karena berkah kitab ini dan pengarangnya, Syekh Salim bin Semir Al-Hadhromi.

     

    Kitab ini berisikan pelajaran dasar-dasar fiqih, mulai dari tanda-tanda baligh, syarat-syarat istinja, berbagai hal tentang wudhu-mandi, tayammum, macam-macam najis, masalah haid dan nifas, syarat dan rukun shalat, dan seterusnya.

    Harga:Rp. 7.500,-
  • Terjemah Kitab Sullamut Taufiq, Tangga Menggapai Taufiq – Syekh Abdullah bin Husain bin Thahir Ba’Alawi

    Akidah|Fikih

    Buku ini adalah terjemah dari kitab Sullamut Taufiq  karya Syekh Abdullah bin Husain bin Thahir bin Muhammad bin Hasyim Ba’alawi. Kitab ini merupakan salah satu peninggalan ulama salafus shaleh Ahlus Sunnah wal Jamaah. Kitab ini juga menjadi salah satu kitab rujukan dasar, serta banyak dipelajari di hampir semua pondok pesantren di Indonesia. Kitab ini berisi ajaran tauhid, syariah, dan etika dalam kehidupan Islami

    Harga:Rp. 10.000,-
  • Terjemah Kitab Syarah Al Waroqot

    Fikih

    Kitab Al Waroqot adalah kitab yang membahas tentang ilmu Usul Fiqih karya Abu Al Ma’ali Abdul Malik Imam Al Haromain. Kitab ini adalah salah satu kitab usul fiqih madzhab Syafi’I yang terbaik. Sekalipun kecil, namun padat isinya, besar manfaat dan tampak sekali barokahnya.

     

    Kitab Waroqot Imam Haromain ini memiliki daya tarik yang luar biasa bagi sebagian ulama dan pelajar. Kitab ini hampir menjadi pegangan pokok pelajaran usul fiqih tingkat menengah di seluruh pondok pesantren. Banyak ulama yang mensyarahinya, ada yang luas, ada yang singkat dan ada pula yang berbentuk nadhom. Di antara syarah syarah Al Waroqot yang terbaik adalah syarah yang ditulis oleh Imam Jalaluddin Abdullah bin Muhammad Al Mahalli As Syafi’I, dan buku ini adalah terjemahan dari Syarah Al Waroqot karya Imam Jalaluddin Al Mahalli.

    Harga:Rp. 16.000,-
  • Terjemah Nailul Authar – Himpinan Hadits-Hadits Hukum Islam (6 Jilid)

    Al-Hadist |Fikih

    Kitab Nailul Authar adalah kitab kumpulan hadits-hadits hukum Islam (Fiqih) yang menjadi salah satu kitab rujukan. Nailul Authar disusun oleh Imam Asy-Syaukani sebagai syarah/penjelasan terhadap kitab Al-Muntaqa.

     

    Karena begitu tebalnya, salah seorang ulama Al-Azhar Mesir, Asy-Syekh Faishal bin Abdul Aziz Al-Mubarak meringkasnya menjadi sebuah kitab yang diberi nama Bustanul Ahbar, Mukhtashar Nailul Authar dan buku ini adalah terjemahan dari kitab tersebut.

     

    Terjemahan ini terdiri dari 6 jilid (6 Buku). Masing-masing jilid berisi penjelasan berbagai hal yang berkaitan dengan hukum Islam. Setiap bab dijelaskan secara menyeluruh. Ditambah lagi dengan pasal-pasal penjelas, sehingga setiap permasalahan akan dibahas secara tuntas.

    Harga:Rp. 360.000,-
  • Halaman: « Kembali 1 2 3 4 5 Lanjutkan »