Fikih

  • Halaman: « Kembali 1 2 3 4 5
  • Terjemah Kitab Sabilal Muhtadin Karya Syeh Arsyad Al Banjari [2 Jilid]

    Fikih

    Syekh Muhammad Arsyad bin Abdullah dilahirkan di sebuah desa dekat kota Martapura, Kalimantan Selatan sekitar Tahun 1707 M dari keluarga sederhana, dimasa pemerintahan Sultan Tahlilullah (1700-1734 M). Semenjak kecil sudah tampak ciri-ciri yang luar biasa pada dirinya, diantaranya kecerdasan serta sikap sopan santunnya sehingga Sultan tertarik dan mengirimkannya ke Makkah untuk mempelajari ilmu-ilmu agama Islam.

     

    Di Makkah, ia mempelajari pengetahuan agama Islam dengan Syekh Athaillah dan belajar ilmu tashawwuf dengan Syekh Muhammad bin Abdulkarim al-Madani di Madinah, dan sesudah 35 tahun menuntut ilmu, beliau kembali ke Kalimantan.

     

    Sekembalinya ia mendirikan sebuah tempat pengajian yang kemudian dinamakan "Dalam Pagar". Selama 20 Tahun ia mengajar di tempat itu, banyak murid-muridnya yang datang dari pelosok kerajaan Banjar, sesudah mereka mendapat pendidikan agama yang cukup, mereka kembali ke daerah masing-masing dengan cara demikian agama Islam cepat berkembang dalam kerajaan Banjar.

     

    Disamping mengajar, Syaikh Muhammad Arsyad banyak juga menulis kitab-kitab agama dan sebuah karya yang terbesar adalah: "Kitab Sabilal Muhtadin Lit Tafaguni Fid Din", yang terdiri dari 2 jilid yang kesemuanya beriksikan fikih Ibadah.

     

    Kitab ini merupakan kitab yang menerangkan ilmu fikih dalam Madzhab Syafi'i. dan seluruh uraiannya diambil dari berbagai kitab yang dikarang oleh ulama madzhab Syafi'i, seperti: Syarah Minhaj oleh Syaikhul Islam Zakariya Anshari, Al Mugni oleh Syekh Khatib Syrabaini, At Tuhfah oleh Syekh Ibnu Hajar Al Haitami, An Nihayah Syekh Jamal oleh Syekh Ramli dan beberapa buah matan, syarah dan komentar lainnya.

    Harga:Rp. 120.000,-
  • Terjemah Kitab Safinatun Najaa – Syekh Salim bin Semir Al-Hadhromi

    Fikih

    Buku ini adalah terjemah dari Kitab Safinatun Najaa (Kapal Keselamatan). Kitab ini banyak dikaji dalam dunia pendidikan Islam, terutama di kalangan pelajar dan santri di bumi nusantara ini. Di samping karena sistematika pembahasannya yang bagus, juga karena berkah kitab ini dan pengarangnya, Syekh Salim bin Semir Al-Hadhromi.

     

    Kitab ini berisikan pelajaran dasar-dasar fiqih, mulai dari tanda-tanda baligh, syarat-syarat istinja, berbagai hal tentang wudhu-mandi, tayammum, macam-macam najis, masalah haid dan nifas, syarat dan rukun shalat, dan seterusnya.

    Harga:Rp. 7.500,-
  • Terjemah Kitab Sullamut Taufiq, Tangga Menggapai Taufiq – Syekh Abdullah bin Husain bin Thahir Ba’Alawi

    Akidah|Fikih

    Buku ini adalah terjemah dari kitab Sullamut Taufiq  karya Syekh Abdullah bin Husain bin Thahir bin Muhammad bin Hasyim Ba’alawi. Kitab ini merupakan salah satu peninggalan ulama salafus shaleh Ahlus Sunnah wal Jamaah. Kitab ini juga menjadi salah satu kitab rujukan dasar, serta banyak dipelajari di hampir semua pondok pesantren di Indonesia. Kitab ini berisi ajaran tauhid, syariah, dan etika dalam kehidupan Islami

    Harga:Rp. 10.000,-
  • Terjemah Kitab Syarah Al Waroqot

    Fikih

    Kitab Al Waroqot adalah kitab yang membahas tentang ilmu Usul Fiqih karya Abu Al Ma’ali Abdul Malik Imam Al Haromain. Kitab ini adalah salah satu kitab usul fiqih madzhab Syafi’I yang terbaik. Sekalipun kecil, namun padat isinya, besar manfaat dan tampak sekali barokahnya.

     

    Kitab Waroqot Imam Haromain ini memiliki daya tarik yang luar biasa bagi sebagian ulama dan pelajar. Kitab ini hampir menjadi pegangan pokok pelajaran usul fiqih tingkat menengah di seluruh pondok pesantren. Banyak ulama yang mensyarahinya, ada yang luas, ada yang singkat dan ada pula yang berbentuk nadhom. Di antara syarah syarah Al Waroqot yang terbaik adalah syarah yang ditulis oleh Imam Jalaluddin Abdullah bin Muhammad Al Mahalli As Syafi’I, dan buku ini adalah terjemahan dari Syarah Al Waroqot karya Imam Jalaluddin Al Mahalli.

    Harga:Rp. 16.000,-
  • Terjemah Matan Zubad: Intisari Fiqih Islam

    Fikih

    Buku ini merupakan pedoman bagi setiap individu muslim dan muslimah dalam menjalankan hukum-hukum Allah swt dan Rasul-Nya yang telah disusun oleh seorang pakar fikih terkemuka dizamannya dan telah menjadi rujukan para ulama Madzhab Syafi’i sepanjang zaman.

    Didalamnya berisi hukum-hukum fikih yang berupa bait-bait yang memudahkan bagi para pembaca untuk memahaminya. Hukum-hukum tersebut sebagai bekal kita dalam mengarungi bahtera kehidupan. Karena fikih adalah sebagai landasan diterimanya amal ibadah dzahir kita oleh Allah swt.
    Harga:Rp. 25.000,-
  • Terjemah Nailul Authar – Himpinan Hadits-Hadits Hukum Islam (6 Jilid)

    Al-Hadist |Fikih

    Kitab Nailul Authar adalah kitab kumpulan hadits-hadits hukum Islam (Fiqih) yang menjadi salah satu kitab rujukan. Nailul Authar disusun oleh Imam Asy-Syaukani sebagai syarah/penjelasan terhadap kitab Al-Muntaqa.

     

    Karena begitu tebalnya, salah seorang ulama Al-Azhar Mesir, Asy-Syekh Faishal bin Abdul Aziz Al-Mubarak meringkasnya menjadi sebuah kitab yang diberi nama Bustanul Ahbar, Mukhtashar Nailul Authar dan buku ini adalah terjemahan dari kitab tersebut.

     

    Terjemahan ini terdiri dari 6 jilid (6 Buku). Masing-masing jilid berisi penjelasan berbagai hal yang berkaitan dengan hukum Islam. Setiap bab dijelaskan secara menyeluruh. Ditambah lagi dengan pasal-pasal penjelas, sehingga setiap permasalahan akan dibahas secara tuntas.

    Harga:Rp. 360.000,-
  • Terjemah Tarikh Al Tasyri Al Islamiyah - Sejarah Pembinaan Hukum Islam

    Fikih

    Buku ini diterjemahkan dari kitab Tarikh Al Tasyri' Al Islamiyah karya Hudhari Bik. Buku ini, sebagaimana judulnya, mengupas tentang sejarah asal muasal hukum fikih ditetapkan.

     

    Terdapat  enam periode pembinaan hukum Islam, diantaranya:

    1. Periode Rasulullah saw masih hidup

    2. Periode Sahabat nabi, dan berakhir sampai khulafaurrasyidin

    3. Periode sahabat kecil dan tabiin yang setara dengan mereka

    4. Periode fikih sudah menjadi cabang ilmu pengetahuan dengan munculnya para fuqaha-fuqaha dan murid-muridnya.

    5. Periode hukum pada masa yang di dalamnya telah dimasukkan masalah-masalah yang berasal dari para imam, dan munculnya karangan-karangan (buku-buku) besar dan masalah-masalah yang banyak.

    6. Periode hukum pada masa taklid semata-mata.

    Harga:Rp. 56.000,-
  • Tuntunan Praktis Puasa Ramadhan Seperti Rasulullah

    Fikih

    Buku ini bersifat praktis. Oleh karena itu, kajian puasa yang disajikan di dalamnya juga praktis. Artinya, hal-hal penting yang perlu diketahui setiap Mukmin yang menunaikan puasa dipaparkan di sini secara sederhana. Penjelasan yang diberikan tidak berbelit-belit. Yang penting intinya bisa segara diketahui dan dipahami oleh setiap pembaca.

     

    Pada bagian akhir buku ini dipaparkan sejumlah pertanyaan yang banyak diajukan kaum Muslimin pada saat bulan Ramadhan tiba. Jawaban yang diberikan juga bersifat praktis. Namun yang pasti, semua jawaban yang diberikan tetap berpedoman kepada kaidah syariat Islam. Dengan membaca buku ini, Anda akan bisa lebih khusyuk menunaikan ibadah puasa Ramadhan dan bersesuaian dengan tuntunan Allah dan Rasul-Nya. 

    Harga:Rp. 10.000,-
  • Umat Bertanya Ulama Menjawab, Jawaban Atas Berbagai Persoalan Bersuci dan Shalat, Disarikan Dari Fatwa Ulama Salaf dan Khalaf. Ustad Noval Bin Muhammad Alaydrus.

    Fikih|Karya Habib Novel Alaydrus

    Bertanya adalah kunci untuk memahami rahasia-rahasia ilmu dan menyingkap kegaiban yang tersimpan di dalam hati. Sebagaimana harta benda di rumah yang tidak dapat diambil kecuali dengan kuncinya. Begitu pula ilmu para ulama dan arifin, tidak akan dapat dipelajari dan diambil manfaatnya kecuali dengan mengajukan pertanyaan secara jujur dan dengan dengan keinginan yang kuat serta adab yang baik.

     

    Buku ini adalah kumpulan soal-jawab terkait beberapa persoalan Bersuci dan Shalat. Ada lebih dari 70 persoalan yang diajukan, kemudian dijawab dengan gamblang dan insya Allah mudah dipahami semua kalangan.

     

    Contoh-contoh persoalan yang diajukan: Bagaimana hukum berkhitan bagi wanita? Bagaimana cara berwudhu bagi orang yang tangannya diamputasi? Bagaimana hukum menjawab azan dari Radio atau Televisi? Bagaimana hukum berjabat tangan selepas shalat?  Dan lain sebagainya. Menarik untuk disimak.

    Harga:Rp. 50.000,-
  • Halaman: « Kembali 1 2 3 4 5