Ibadah

  • Halaman: 1 2 3 4 Lanjutkan »
  • Ahlul Bid'ah Hasanah - Jawaban Untuk Mereka yang Mempersoalkan Amalan Para Wali - Habib Noval bin Muhammad Alaydrus

    Akidah|Cinta Rasul|Ibadah|Karya Habib Novel Alaydrus|Kontra Wahabi|Terlaris

    Bagi para pencari kebenaran, buku ini hadir sebagai penghapus dahaga mereka. Di dalamnya telah terhimpun berbagai dalil yang mendasari berbagai amalan salaf yang sering dipertanyakan oleh sebagian kecil umat Islam yang terlalu fanatik pada ajarannya. Karenanya buku ini sangat cocok bagi semua orang yang mencintai amalan salaf, amalan para wali dan bagi mereka yang mencari kebenaran sejati.

     

    Buku ini selain memberikan dalil-dalil dari Al-Qur’an dan Hadits, juga banyak memberikan informasi, pandangan serta penjelasan ulama-ulama besar dan terkemuka seputar permasalahan bid’ah dan amalan para wali. Setiap paragraf berisi informasi ilmiah dari berbagai sumber yang dapat dipertanggung jawabkan. Anda bahkan akan menemukan begitu banyak contoh-contoh bid’ah hasanah yang dilakukan oleh para sahabat di zaman Rasulullah saw maupun sepeninggal beliau saw. Buku ini menjadi sangat menarik karena seakan ia membawa kita ke zaman Rasulullah saw dan para sahabat beliau saw.

     

    Buku ini disusun oleh seorang ustad, da’i plus penulis muda yang sangat produktif. Yaitu Al Ustad Al Habib Noval bin Muhammad Alaydrus.

     

    Lihat Daftar Isi Disini

    Stok Habis
    Harga:Rp. 50.000,-
  • Ada Apa di Bulan Sya’ban ?? Prof. DR. Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki Al-Hasani

    Ibadah|Karya Sayyid Al-Maliki

    Sya’ban adalah salah satu bulan yang mulia. Bulan ini adalah pintu menuju bulan Ramadlan. Siapa yang berupaya membiasakan diri bersungguh-sungguh dalam beribadah di bulan ini, ia akan akan menuai kesuksesan di bulan Ramadlan.

     

    Dalam buku ini Prof. DR. Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki Al-Hasani akan mengupas tuntas segala sesuatu yang berkaitan dengan bulan sya’ban. Ada apa di bulan Sya’ban? Apa saja peristiwa yang terjadi di bulan Sya’ban? Apa saja tuntunan Nabi ketika bulan Sya’ban? Sayyid Muhammad Al-Maliki akan menjelaskan dengan rinci.

    Harga:Rp. 35.000,-
  • Adab atau Tata Krama Ziarah Kubur

    Fikih|Ibadah

    Adab atau tata krama tidak hanya diperlukan ketika berhadapan dengan orang yang masih masih hidup, namun juga diperlukan ketika “menghadap” atau ziarah kepada mereka yang telah wafat

     

    Seringkali kita melihat orang-orang yang berziarah kubur ke makam ulama atau shalihin kurang memperhatikan adab atau tata krama berziarah. Buku ini hadir untuk menyajikan adab atau tata krama berziarah kubur sesuai dengan tuntunan para salaf shalihin yang sangat penting untuk dipahami.

     

    Buku yang dicetak dengan ukuran saku ini, juga dilengkapi dengan qosidah yang sering dibaca ketika ziarah, surat Yasin dan Tahlil.

    Harga:Rp. 5.000,-
  • Al-Washoya, Kitab Wasiat Untuk Ahli Waris (2 Bahasa, Arab dan Indonesia)

    Ibadah|Petuah Bijak

    Menulis Wasiat merupakan perkara yang diperintahkan oleh syari’at. Rasulullah Saw bersabda: “Barangsiapa yang meninggal dunia dalam keadaan telah menulis wasiat, maka ia meninggal sesuai dengan jalur yang benar dan meninggal dalam keadaan telah terampuni dosa-dosanya.”

     

    Sebagian ulama menjelaskan, barangsiapa meninggal dunia, sedangkan ia tidak menulis wasiat dalam masa hidupnya, maka niscaya ia tidak akan bisa berbicara di alam barzah dengan sesama penduduk ahli barzah. Hal ini didasarkan pada sabda Rasulullah : “Barangsiapa yang tidak menulis wasiat, maka tidak diberi izin baginya untuk berbicara dengan penduduk barzah.”

     

    Kitab Al-Washoyaa ini mencakup perkara-perkara yang seringkali diwasiatkan oleh salafus sholeh kepada ahli waris dan kerabatnya, oleh karenanya kami tulis dengan tuuan agar mempermudah bagi setiap muslim dan muslimah dalam mengikuti jejak mereka. 

    Harga:Rp. 32.000,-
  • Amalan Para Ulama Salaf, Berisi Asmaul Husna, Shalawat, Hizib, Ayat-Ayat Qur’an beserta Khasiatnya

    Ibadah

    Kehidupan manusia kerap kali bersinggungan dengan berbagai masalah. Aneka problema silih berganti datang dan pergi. Susah dan sedih kadang suka menghampiri. Rasa khawatir, putus asa, frustasi, atau bahkan stres kadang-kadang singgah dalam kehidupan kita. Lelaki wanita, tua muda, miskin kaya, pejabat atau rakyat pasti pernah mengalami.

     

    Tentu sebagai hamba Allah kita tidak boleh putus asa. Kita senantiasa harus berusaha, berikhtiar untuk mengatasi semua masalah yang menimpa. Selain usaha lahiriyah, kita juga memerlukan usaha bathiniyah, yaitu berdoa, berdzikir, istighosah, memohon pertolongan kepada Sang Maha Perkasa dan Maha Bijaksana, Allah SWT.

     

    Buku ini berisi berbagai amalan para ulama salaf yang sholeh dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah SWT, seperti bacaan Asmaul Husna, Shalawat, Hizib, dan Ayat-Ayat Al-Qur’an.

    Harga:Rp. 20.000,-
  • Amalan Sedikit Pahala Sebukit – Habib Husein bin Anis Al-Habsyi Solo

    Ibadah

    Buku ini sungguh luar biasa, walaupun kecil tapi Insya Allah membawa manfaat besar. Buku ini menghimpun berbagai amalan yang nampaknya kecil, namun jika dijalani akan berbuah pahala besar.

     

    Salah satu contoh yang disajikan adalah mengerjakan sholat 2 rakaat sebelum Shubuh. Nampaknya amalan kecil, tapi jika dikerjakan, Allah Swt akan mengganjar dengan pahala yang lebih baik dari dunia dan isinya. Subhanallah.

     

    Selain itu, masih ada puluhan amal-amal ringan berpahala besar lainnya yang dihimpun dalam buku ini. Buku ini disusun oleh Habib Husein bin Anis Al-Habsyi Solo. Beliau adalah cucu pengarang Maulid Simtut Duror yang masyhur.

    Stok Habis
    Harga:Rp. 15.000,-
  • Asma'ul Husna for Super Woman

    Ibadah

    Untuk menjadi perempuan yang super, pondasi utamanya adalah Allah. Allah harus diletakkan diatas segala-galanya. Bahkan niat dan motivasi awal melakukan suatu perbuatan haruslah karena Allah.

     

    Melalui pemahaman terhadap asma’ul husna yang dipahami dan diamalkan dalam kehidupan nyata secara langsung atau tidak langsung  seorang perempuan super telah menghadirkan dan menjadikan Allah sebagai pondasi bagi dirinya. Insya Allah dengan buku ini dapat menjadi bagian dari diri kita untuk menghadirkan Allah dalam kehidupan kita. 

    Harga:Rp. 40.000,-
  • Ayo Yasinan, Membaca dan Memahami Dahsyatnya Surat Yasin

    Ibadah|Yasin Tahlil

    Siapa pun yang berinteraksi dengan Al-Qur'an, akan mendapatkan keutamaan dan kemuliaan, sekalipun hanya membaca, sekalipun hanya mendengar. Sebab, Al-Qur'an adalah kitab suci yang mengandung berjuta keajaiban di dalamnya.

     

    Sewajarnya hendaknya seorang hamba tidak hanya terbatas memperbanyak bacaan Al-Qur'an saja, apalagi membatasi diri hanya membacanya di rumah. So pasti, semua huruf yang ia baca memiliki keistimewaan luar biasa. Apalagi jika yang membacanya mampu memahami kandungan pesan-pesan utama sebagai bekal kehidupan dunia hingga akhirat kelak, untuk kebahagiaan yang hakiki.

     

    Dalam surat Yasin…akan kita dapatkan semua itu. Dalam surat Yasin kita dapatkan kedahsyatan pesan-pesannya, jika kita mampu menangkapnya. Dalam surat Yasin ada jalan kebahagiaan abadi hingga akhir nanti.

     

    Ayo Yasinan…

    Ayo kita kaji bareng surat Yasin…

    Ayo kita renungi dan tadaburi”Jantung Al-Qur'an”ini…

    Agar ia menjadi syafaat kita di hari Pembalasan nanti…

    Harga:Rp. 33.000,-
  • Bagaimanakah Anda Menunaikan Shalat dengan Benar? – Habib Segaf bin Hasan Baharun

    Fikih|Ibadah

    Ibadah Sholat merupakan hal yang terpenting dalam kehidupan seorang muslim karena sholat bisa menjadi barometer ke-Islam-an seseorang, sebagaimana sabda Rasulullah SAW: "Yang membedakan antara muslim dan kafir adalah Shalat"." Shalat adalah tiang agama."  "Yang pertama dihisab oleh Allah SWT di hari kiamat adalah shalatnya, jika baik shalatnya maka baik pula amalan yang lainnya". Dan banyak lagi sabda Rasulullah SAW yang menunjukkan betapa pentingnya kedudukan shalat dalam Islam.

     

    Karena itu mengetahui hal-hal yang berhubungan dengan kewajiban shalat sangat mutlak dan menjadi kewajiban bagi setiap orang yang menyatakan dirinya sebagai seorang muslim, apalagi ibadah shalat itu tidak sah jika tidak didasari dengan ilmu misalnya tidak mengetahui dengan rukun-rukunnya, syarat-syarat keabsahannya atau dengan hal apapun yang membatalkannya sehingga dia akan bisa melaksanakan perintah shalat dengan baik dan benar berdasarkan tuntunan shalat sebagaimana dicontohkan oleh Rasulullah SAW sehingga shalatnya diterima oleh Allah SWT.

     

    Buku ini mengupas secara tuntas hal-hal yang berhubungan dengan shalat, mulai dari tata cara taharah, wudhu, tayamum, macam-macam najiss dan cara mensucikannya, syarat-syarat dan rukun sholat, gerakan dan sikap shalat yang benar, yang membatalkan shalat, sunnat-sunnat dalam shalat, bagaimana cara menjama' dan mengqasar shalat, berbagai macam tuntunan shalat-shalat sunnah, bacaan-bacaan serta do'a-do'a shalat, dan hal-hal lain yang penting yang harus diketahui oleh setiap muslim sehingga dapat melaksanakan sholat dengan benar dan khusu'.

     

    Alangkah rugi dan celakanya seseorang apabila lima kali sehari melaksanakan shalat akan tetapi shalatnya sia-sia karena tidak sesuai dengan tuntunan yang telah ditentukan.

    Harga:Rp. 11.000,-
  • Beginilah Para Nabi dan Orang Saleh Berdoa, Karya Imam Asy-Sya’rawi

    Ibadah

    Berdoa kepada Allah merupakan wujud keimanan. Dengan berdoa, seseorang mengakui bahwa dirinya lemah; yang mempunyai kuasa dan kekuatan hanyalah Allah. Karena itu, orang yang beriman mempersembahkan seluruh hidupnya hanya untuk beribadah kepada Allah. Setiap gerak hidupnya selalu diiringi dengan zikir dan munajat doa kepada Allah. Tiada hari tanpa zikir dan doa.

     

    Hal seperti itu dapat kita lihat dalam kehidupan para nabi dan orang saleh terdahulu. Hidup mereka selalu dihiasi dengan zikir  dan doa. Mereka juga mengajarkan bagaimana cara dan adab seorang mukmin dalam berdoa kepada Allah. Doa para nabi dan orang saleh terdahulu dapat kita baca dalam Al-Qur'an. Banyak hikmah yang dapat kita peroleh melalui doa para nabi dan orang saleh tersebut, sebagaimana yang dikupas oleh Imam asy-Sya'rawi melalui buku ini. Hikmah dari doa-doa tersebut mengajarkan kepada kita tentang keimanan, rasa syukur, adab berdoa, apa yang sepantasnya dipanjatkan oleh seorang hamba kepada Allah, dan sebagainya. menyegarkan keimanan kita dan mengikatkan diri kita selalu kepada Allah.

    Harga:Rp. 39.000,-
  • Bimbingan Akhlak Bagi Putri-Putri Anda, Terjemah Kitab Akhlaq lil Banat, Al-Ustad Umar Achmad Baradja

    Ibadah|Keluarga Sakinah|Petuah Bijak|Anak Muslim

    Di tengah-tengah kemorosotan akhlak pada zaman ini, dimana pendidik akhlak telah tersisihkan, Alhamdulillah, pakar pendidikan sekaligus seorang ulama, Al-Ustad Umar Achmad Baradja telah menyusun buku Bimbingan Akhlak ini.  

     

    Umat suatu bangsa dinilai baik dan buruknya dari akhlak atau moralnya, sekali-kali bukan dipandang dari kekayaan dan kebagusan wajah mereka.

     

    Sebagai modal utamanya adalah mendidik putra-putri bangsa kita dengan akhlak budi pekerti yang luhur, di samping ilmu-ilmu pengetahuan yang lain. Dengan demikian nantinya masa depan mereka akan menjamin nama baik bangsa kita.

     

    Buku ini amat menarik dan bisa menjadi pedoman dan pondasi yang kuat untuk bekal hidup, demi kemuliyaan masa depan mereka. Buku ini disusun dengan bahasa yang mudah dimengerti.

    Harga:Rp. 35.000,-
  • Buku Pintar Ibadah, Terjemah Kitab Sullamul Munajat

    Ibadah

    Ibadah merupakan sarana penghubung antara hamba dengan Sang Maha Pencipta, yaitu Allah Swt. Karena dengan ibadah ini, kita akan menjalankan apa apa yang telah dianjurkan serta apa apa yang dilarang. Buku ini merupakan buku pegangan dan pedoman bagi para hamba Allah Swt yang akan menjalankan berbagai aktivitas ibadahnya.

     

    Merupakan suatu hal yang sangat wajar apabila dari kalangan kaum muslimin, banyak yang berminat mempelajari Kitab Sullamul Munajat. Bukan karena keistimewaan penyusunnya saja, yaitu al Allamah Asy Syekh Muhammad An Nawawi, namun kitab ini benar benar dapat dijadikan sebagai modal dasar untuk mengetahui cara cara ibadah dengan baik dan benar.

    Harga:Rp. 13.000,-
  • Buku Saku Terapi Bersedekah, Terbukti Nyata dari Masa ke Masa untuk Penyembuhan Penyakit dan Kelancaran Rezeki

    Ibadah

    Sedekah adalah salah satu pintu kebaikan sekaligus obat penyembuh bagi semua penyakit yang sangat dianjurkan Allah dan Rasul-Nya. Nabi berpesan, “Obatilah orang yang sakit di tengah-tengah kalian dengan sedekah.” Ini seruan, bahkan boleh jadi perintah. Selain itu, sedekah juga bisa melindungi kita dari musibah dan bencana. Imam al-Ghazâlî menuturkan, "Sedekah dapat menepis tujuh puluh macam keburukan."

     

    Sejak dulu sampai sekarang, sudah tak terhitung berapa banyak orang yang meraih kesembuhan dan mendapatkan keinginannya berkat sedekah. Setelah mengupas tuntas keutamaan sedekah menurut Al-Quran dan sunnah, penulis memaparkan kisah nyata yang sering kali disepelekan  banyak orang. Menggugah kita untuk segera membuktikan keajaiban sedekah dalam kehidupan nyata.

     

    Yang menarik, sedekah tidak harus berupa uang atau harta. Ada banyak cara untuk berbagi. Misalnya, Anda bisa memberikan pengetahuan atau waktu. Anda bisa memberikan perbedaan besar dalam kehidupan seseorang dengan hanya tersenyum. Anda bisa memberi hanya dengan bersikap baik. Tak masalah apa pun yang Anda berikan, yang penting memberi. “Bukan berapa banyak yang kita berikan, tetapi berapa banyak cinta yang kita sertakan dalam pemberian.”

     

    Harga:Rp. 25.000,-
  • Cara Menunaikan Ibadah Haji dan Umrah

    Fikih|Ibadah

    Mempelajari tata cara menunaikan ibadah Haji dan Umrah adalah perkara yang wajib bagi setiap Muslim, lebih-lebih bagi mereka yang ingin menunaikannya. Hal ini sangat penting, agar ibadah Haji dan Umrahnya dapat dihukumi benar dan sah, sebagaimana tuntunan yang diajarkan junjungan kita, Nabi Muhammad saw.

     

    Dalam buku ini, selain perkara Haji dan Umrah yang dikupas tuntas, akan ditambahkan pula penjelasan mengenai badal Haji dan Umrah, tempat-tempat bersejarah di kota Mekkah dan Madinah, penjabaran masalah pemotongan hewan qurban, juga masalah yang berkenaan dengan Shalat Idul Adha.

     

    Buku ini disusun berdasar rangkuman majelis taklim Al-Habib Zein bin Ibrahim bin Sumaith (ulama kota Madinah) serta dari kitab-kitab para Ulama.

    Stok Habis
    Harga:Rp. 35.000,-
  • Dahyatnya Sedekah Tanpa Harta

    Ibadah

    Orang yang kaya harta bukan berarti pasti dicintai dan diridhai Allah, demikian sebaliknya orang yang miskin pun bukan berarti ia dihinakan. Kemuliaan manusia di hadapan Allah, semua bergantung tingkat ketakwaan mereka.

     

    Islam mensyariatkan bahwa perintah bersedekah berlaku bagi setiap muslim, baik yang kaya maupun yang miskin. Bagi yang kaya hal ini mudah dan tidak menjadi masalah. Namun bagi seorang muslim yang miskin, bagaimana ia harus bersedekah?

     

    Rasulullah memberikan pelajaran tentang banyak perbuatan perbuatan yang ternyata bila dikerjakan akan membawa nilai pahala layaknya bersedekah. Buku ini akan membahas hal tersebut secara mendetail.

    Harga:Rp. 25.000,-
  • Dibalik Sejarah Poligami Rasulullah SAW.

    Cinta Rasul|Ibadah|Keluarga Sakinah

    Belakangan ini, banyak orang-orang kafir dan munafiq yang menyerang kehidupan pernikahan Rasulullah SAW. Mereka memfitnah Rasulullah SAW dengan berbagai tuduhan keji, seperti menuduh Rasulullah sebagai maniak seks, atau seorang pedofil karena menikahi Aisyah ketika masih belia.

     

    Selain itu, gerombolan orang-orang liberal juga mulai banyak mengusik dan mempertanyakan kebolehan poligami dalam Islam. Mereka menuduh, poligami adalah bentuk diskriminasi terhadap perempuan. Poligami, menurut mereka, adalah bentuk ketidakadilan terhadap wanita. Benerkah demikian?

     

    Buku ini mencoba menjelaskan fakta sejarah dibalik peristiwa Poligami Rasulullah. Apa saja yang melatar belakangi setiap pernikahan beliau? Apa saja hikmah yang bisa kita ambil?

     

    Lebih lanjut, buku ini juga menjelaskan dengan detail hal ikhwal terkait pernikahan serta bagaimana membina rumah tangga sebagaimana yang dicontohkan Rasulullah SAW. 

    Harga:Rp. 35.000,-
  • Etika Berumah Tangga, Terjemah Kitab Syarah Uqudullujain, Syekh Nawawi bin Umar Al Jawi

    Ibadah|Keluarga Sakinah|Muslimah

    Penyusun kitab ini, Syekh Nawawi bin Umar Al Jawi mengatakan, kitab ini sangat penting bagi orang yang menghendaki keharmonisan dalam membina rumah tangga dan keluarga.

     

    Buku ini terdiri dari empat bab. Bab pertama membahas tentang hak hak istri pada suami. Bab kedua membahas hak hak suami pada istri. Bab ketiga tentang keutamaan shalat istri di dalam rumahnya. Bab keempat membahas tentang keharaman seorang lelaki melihat wanita lain yang bukan muhrimnya dan sebaliknya.

     

    Kitab ini memang tidak terlalu tebal, namun keberkahannya luar biasa. Tidak terhitung berapa majelis ilmu yang mengulasnya, serta hampir semua pondok pesantren di Indonesia yang menjadikannya sebagai pelajaran wajib.

    Harga:Rp. 10.000,-
  • Fadhilah Sedekah, Maulana Muhammad Zakariyya Al Kandahlawi

    Ibadah

    Buku ini ditulis oleh Maulana Muhammad Zakariyya. Di latar belakangi oleh kecintaan dan kerisauan beliau terhadap umat ini, yakni agar umat ini Islam bergairah dalam mengamalkan agama. Maulana Muhammad Zakariyya adalah seorang ulama dan da’i yang mukhlis yang telah mencurahkan seluruh hidup beliau untuk berkhidmah kepada agama karena kecintaan beliau yang sangat dalam dalam terhadap agama ini.

     

    Dengan membaca buku Fadhilah Sedekah ini, Insya Allah kita akan memperolah berbagai pelajaran, manfaat, dan peningkatan kehidupan ruhani dari sisi yang lain, yakni munculnya semangat untuk mencintai kehidupan akhirat, zuhud terhadap kehidupan dunia, hidup sederhana, gemar membelanjakan harta di jalan Allah, dermawan, dan berbagai sifat terpuji lainya.

     

    Buku ini terdiri dari dari tujuh bab:

    1.      Keutamaan membelanjakan harta di jalan Allah Swt.

    2.      Celaan terhadap kebakhilan

    3.      Keutamaan silaturrahmi

    4.      Kewajiban menunaikan zakat

    5.      Ancaman bagi orang yang tidak menunaikan zakat

    6.      Anjuran untuk berzuhud

    7.      Kisah orang orang yang membelanjakan harga mereka di jalan Allah.

    Harga:Rp. 65.000,-
  • Hidayah, Tuntunan Ibadah Sunnah 12 Bulan

    Ibadah

    Adalah kenyataan, jika kita lebih hafal dan lancar dalam mengingat penanggalan Masehi dari pada penanggalan Hijriyah. Bahkan ketika kita menyambut tahun baru yang teringat dalam memori otak kita adalah tanggal satu Januari, bukan tanggal satu Muharram.

     

    Adalah fakta, malam seribu bulan, malam pembebasan, malam Nuzulul Qur’an, malam Isra’ Mikraj, Malam Asyura, Malam hari raya dan lain lain semua berpijak pada penanggalan Hijriyah. Lailatur Qadar, Nishfu Syaban, Idul Fitri, standart usia baligh, usia haidt dan lain lain tidak akan pernah ditentukan dari selain penanggalan Hijriyah. Lalu mengapa kita sering melupakan penanggalan kita sendiri?

     

    Buku ini berisi panduan berbagai ibadah Sunnah selama 12 Hijriyah. Tiap bulan akan diperinci ibadah ibadah apakah yang sunnah dikerjalan. Lengkap dengan penjelasan latar belakang, doa doa, dan tata cara pelaksanaannya.

    Stok Habis
    Harga:Rp. 35.000,-
  • Himpunan Fadhilah Amal

    Dakwah|Ibadah|Kisah Hikmah

    Buku ini adalah himpunan dari 7 kitab. Ditulis oleh seorang ulama akhirat, Syaikh Maulana Muhammad Zakaria al-Kandahlawi rahmatullah alaih.

     

    Terdiri dari dari Fadhilah Qur’an, Berisi dalil-dalil Al-Qur'an dan Hadits tentang keuntungan-keuntungan membaca Al-Qur'an dan adab-adab membaca Al-Qur'an

     

    Fadhilah Shalat, Berisi keuntungan-keuntungan mengerjakan sholat, baik sholat nafil maupun sholat nawafil. Juga beberapa kisah bagaimana orang-orang sholeh terdahulu dengan sholatnya. Selain itu juga disertakan ancaman-ancaman Allah bagi orang yang meninggalkan sholat.

     

    Selain itu juga dilengkapi dengan Fadhilah Dzikir, Fadhilah Tabligh/dakwah, Kisah-kisah sahabat Nabi saw, Keruntuhan Islam dan cara mengatasinya, serta fadhilah Ramadhan.

    Harga:Rp. 70.000,-
  • Halaman: 1 2 3 4 Lanjutkan »