Ilmu Nahwu


  • Halaman: 1
  • Ilmu Nahwu dan Ilmu Sharaf

    Belajar Bahasa Arab|Ilmu Nahwu

    Setiap Muslim wajib membaca, mempelajari dan mengamalkan kitab suci Al-Quran. Al-Quran merupakan kitab suci berbahasa Arab. Bahasa Arab hanya dapat dimengerti dengan mempelajari Ilmu Nahwu dan Sharaf. Oleh karena itu, menurut kaidah hukum Islam, mempelajari dan memahami ilmu Nahwu Sharaf hukumnya Fardhu Ain.

    Buku ini adalah gabungan dua ilmu pokok dalam mempelajari bahasa Arab, yaitu Ilmu Nahwu dan Ilmu Sharaf. Buku ini merupakan terjemahan dari Matan Al-Ajurumiyyah dan Imrithy. Di dalamnya telah ditambahkan kesimpulan-kesimpulan untuk setiap pembahasan, takrif yang dianggap perlu, contoh-contoh, dan skema yang menarik sehingga memudahkan untuk dipahami. Adapun Ilmu Sharafnya merupakan terjemah dari Matan Kailani dan Nazam Al-Maqsud yang telah dilengkapi penjelasan agar lebih mudah dipahami dan dipraktekkan.

    Alhamdulillah, dua buku ini telah dipercaya oleh masyarakat sebagai buku panduan wajib dalam mempelajari Ilmu Nahwu dan Sharaf karena mudah dipahami, sehingga keduanya mendapat predikat buku best seller.
    Harga:Rp. 35.000,-
  • Ilmu Nahwu – Terjemah Matan Al-Jurumiyyah dan Imrithy Berikut Penjelasannya

    Ilmu Nahwu

    Untuk mampu memahami al-Qur’an, mempelajari ilmu Nahwu adalah suatu keniscayaan. Karena menurut kaidah hukum Islam, mengerti ilmu Nahwu bagi mereka yang ingin mehami al-Qur’an hukumnya fardhu ‘ain.

     

    Ilmu Nahwu termasuk pelajaran pertama yang dikaji di pesantren-pesantren, dan salah satu kitab yang biasa dipakai untuk belajar ilmu Nahwu adalah kitab al-Jurumiyah. Untuk itulah itu buku ini hadir, dengan diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, tentu akan sangat membantu dan memudahkan mereka yang ingin belajar ilmu Nahwu.

     

    Kitab terjemah ini memuat ta’rif atau definisi yang dianggap perlu, makna setiap kalimat, contoh-contoh kalimat, skema dan kesimpulan/maksud kalimatnya, ditambah dengan nazham {syair} ‘Imrithy.

    Harga:Rp. 14.000,-
  • Ilmu Sharaf

    Ilmu Nahwu

    Ilmu sharaf adalah ilmu yang membahas tentang perubahan suku – suku kata dalam bahasa arab, menyangkut penambahan, penggantian, dan perubahannya. Degan ilmu inilah bentuk asal diubah kepada bentuk – bentuk lain untuk mencapai arti yang dikehendaki, yang hal itu hanya bisa tercapai dengan adanya perubahan.

     

    Buku ini merupakan terjemahan dari buku “Matan Kailani “ dan “Nazham Almaqsud”, dilengkapi pula dengan penjelasannya untuk membantu dan mempermudah para pelajar dan kaum muslimin mempelajari ilmu sharaf.

    Harga:Rp. 11.000,-
  • Kajian Dan Analisis Alfiyyah Lengkap Dengan Tanya Jawab (2 Jilid)

    Belajar Bahasa Arab|Ilmu Nahwu

    Shorof adalah ibunya ilmu dan Nahwu adalah ayahnya Tanpa ayah dan ibu, mustahil mendapat keturunan. Demikian juga, tanpa pemahaman ilmu Nahwu dan Shorof yang memadai, mustahil ilmu yang lain dapat difahami.

    Penulis buku ini di saat menuntut ilmu di pondok Lirboyo merupakan salah satu pengajar dan juga sebagai permus LBM (Lembaga Lajnah Bahs Masail Lirboyo) dan beliau sangat gemar sekali mendalami alfiah, pada tahun 2006 di saat masih siswa pernah ikut lomba alfiah di Tulungagung tingkat Jatim dia tampil sebagai juara I. dan pada lomba alfiah tingkat nasional yang bertempat di Pon-Pes Lirboyo dia juga sebagai pemenang juara alfiyah. Hasil karya tulisnya selalu sukses membuat pembaca selalu puas, gaya bahasa yang sederhana, mudah dimengerti, gaya penjabarannya terangkai dengan indah adalah kesan yang akan dirasakan setiap pembaca tulisannya. 

    Dengan kepiawaiannya merangkai kata dan keluasan ilmunya di bidang ilmu nahwu shorof tak heran jika hampir seluruh pembaca akan mudah memahami tulisannya, karya tulisnya antara lain: Al-Majmuk Fi Jadwali Lismi Ghairil Munsharif wa Jamit taksir wa Shighati Muntahal Jumu (bentuk teks Indonesia), Atha-una Yazid fi Maani Filil Mabni (berbentuk teks arab), Nailul Amani fi Lismi Ghairil Munsharif wal Mabni (berbentuk teks arab), Buku Materi Sotogan LBM Lirboyo Kediri (berbentuk teks Indonesia), Kitab Taqrib Eksklusif, Buku Tanya Jawab Kang Santri (bersama dalam satu tim tamatan Lirboyo), Buku Panduan Ziarah Kubur, Ilmu Faraid perbandingan 4 madzhab, dan buku ini (Kajian dan Tanya Jawab Alfiah Ibnu Malik)
    Harga:Rp. 240.000,-
  • La Taskut (Jangan Diam) – Panduan Praktis Percakapan Bahasa Arab – Bahasa Baku (Fusha) dan Bahasa Sehari-hari (‘Amiyah)

    Ilmu Nahwu

    Buku ini bukan buku percakapan biasa. Dilihat dari penyusunannya, buku ini cukup sistematis sehingga mudah digunakan oleh siapa saja. Pemilihan kosakata yang sering digunakan oleh banyak orang dalam percakapan sehari-hari membuat buku ini menjadi aplikatif. Apalagi penyajiannya yang disesuaikan dengan koteks budaya Arab dengan menampilkan kosakata ‘Amiyah (bahasa pasaran/sehari-hari) yang banyak digunakan masyarakat Arab sehari-hari. Sebuah buku percakapan yang layak untuk anda miliki.

    Harga:Rp. 30.000,-
  • Paket Belajar Nahwu Tanpa Guru (4 Buku)

    Belajar Bahasa Arab|Ilmu Nahwu

    Ilmu alat adalah satu satunya kunci untuk membuka kazanah ilmu Islami yang tersimpan rapi dalam literatur-liberatul kuno yang tersusun dalam bahasa Arab.

    Dari deretan ilmu-ilmu tersebut. Nahwu memiliki peran yang paling dominan. Karena ia memuat kaidah-kaidah pokok yang digunakan untuk menyusun dan memahami kalam berbahasa Arab yang baku. Orang yang menguasai ilmu Nahwu secara paripurna otomatis akan menguasai disiplin ilmu yang l ainnya. 

    Buku Belajar Nahwu Tingkat Pemahaman ini dibagi dalam 4 buku agar lebih menarik minat membaca. Dengan buku-buku yang tipis tidak akan membuat down lebih dulu karena ketebalan buku.

    Buku 1 : menguraikan tentang muqaddimah, pengenalan kalimah isim, fi’il, dan huruf. 
    Buku 2 : seputar i’rob dan mar’fuat
    Buku 3 : seputar mansubat dan mahfudat
    Buku 4 : seputar majzumat dan muhimmat.

    Harga:Rp. 99.000,-
  • Terjemah Kitab Al Balaghatul Wadhihah

    Ilmu Nahwu|Tafsir

    Menafsirkan ayat ayat Al Quran yang sangat indah dan sangat sarat akan makna itu tidaklah mudah. Apalagi Al Quran merupakan mukjizat terindah dan teragung yang diberikan kepada Nabi besar kita, Muhammad Saw. Kitab suci yang menjadi pedoman hidup umat Islam, yang menuntun kita untuk meraih kebahagiaan hakiki menggapai keridhaanNya semata.

     

    Salah satu sarana dari sekian banyak disiplin ilmu yang dapat dipergunakan untuk mencapai maksud itu adalah ilmu Balaghah. Karena balaghah merupakan suatu disiplin ilmu yang berlandaskan kepada kejernihan jiwa dan ketelitian menangkap keindahan dan kejelasan perbedaan yang samar di antara macam macam uslub {ungkapan}.

     

    Buku yang terdiri atas tiga bagian ini, yaitu yang memaparkan ilmu bayan, ilmu ma’ani, dan ilmu badi’ disajikan secara sistematis bab demi babnya. Bahasa yang dipergunakan pun sederhana, sehingga memudahkan pembaca untuk memahami isi buku ini.

    Harga:Rp. 50.000,-
  • Terjemah Kitab Alfiyyah - Syarah Ibnu Aqil { 2 jilid }

    Ilmu Nahwu

    Kitab Alfiyyah Ibnu Aqil ini merupakan kitab ilmu Nahwu yang memiliki keistimewaan tersendiri dibanding dengan kitab-kitab Alfiyyah lainnya.

    Pembahasannya lebih menitik beratkan pada kajian kebahasaan. Gaya bahasanya mudah dipahami dan sarat dengan materi yang dapat menjabarkan pengertian yang luas.

    Untuk mengembangkan wawasan berbahasa Arab dibutuhkan adanya buku semacam Alfiyyah ini, yaitu berisi penjelasan-penjelasan mengenai Ilmu Nahwu, karena penguasaan terhadap ilmu ini merupakan kunci dan syarat mutlak untuk dapat mengkaji ajaran Islam secara luas dan mendalam.
    Harga:Rp. 80.000,-
  • Terjemah Kitab Jauharul Maknun (Ilmu Balaghah)

    Ilmu Nahwu

    Buku ini adalah terjemahan Kitab Jauharul Maknun. Kitab ini merupakan dasar bagi para pemula yang ingin mempelajari ilmu Balaghah yang mencakup tiga disiplin ilmu, yakni: Ma’ani yaitu untuk menjaga dari kesalahan makna dalam suatu pembicaraan. Bayan yaitu untuk menjaga dari pembicaraan yang tidak mengarah kepada tujuan yang dikehendaki dari Badi’ yaitu ilmu untuk memperindah dalam hiasan susunan kalimat.

    Harga:Rp. 24.000,-
  • Terjemah Kitab Mutammimah Ajjurumiyah – Ilmu Nahwu

    Ilmu Nahwu

    Buku ini adalah terjemahan dari Mutammimah Ajjurumiyah, yaitu kitab yang membahas tentang tata bahasa Arab tingkat menengah. Kitab ini merupakan pelengkap masalah-masalah ilmu tata bahasa Arab yang dibahas dalam kitab Al-Jurumiyah. Terjemahan buku ini telah disusun sedemikian rupa, dengan tetap menyertakan naskah Arab aslinya.

    Stok Habis
    Harga:Rp. 20.000,-
  • Terjemah Nahwu Wadhih – Ilmu Tata Bahasa Arab – 3 Jilid

    Ilmu Nahwu

    Buku ini diterjemahkan dari kitab Nahwul Wadhih  yang berisi Ilmu tata bahasa Arab karya Ali Al-Jarim dan Mustofa Amin. Kitab ini banyak digunakan sebagai pedoman pengajar di madrasah atau pondok pesantren. Bahkan di sebagian pesantren kitab ini dijadikan sebagai pegangan wajib bagi para santrinya.

     

    Terjemahan buku ini dibuat dengan bahasa yang sederhana dan mudah, tujuannya supaya gampang dimengerti.

    Harga:Rp. 70.000,-
  • Halaman: 1