Karya Imam Al Ghozali

  • Halaman: 1
  • Ringkasan Ihya Ulumuddin - Imam Ghozali

    Karya Imam Al Ghozali|Tasawwuf|Beranda

    Kitab Ihya Ulumuddin merupakan kitab yang paling populer di antara kitab-kitab klasik tradisional yang ada. Bahkan, hingga sekarang, kitab ini tetap menjadi rujukan utama bagi para penempuh jalan sufi.


    Tuntutan zaman modern yang serba ringkas dan cepat tampaknya telah diantisipasi oleh Imam Al-Ghazali. Buku Ringkasan Ihya Ulumuddin ini merupakan ringkasan dari kitab Ihya Ulumuddin yang berjilid-jilid tersebut. Kendati sudah banyak ringkasan yang telah dibuat, Ringkasan Ihya Ulumuddin memiliki keistimewaan karena prosesnya dilakukan sendiri oleh Imam Al-Ghazali, dengan menjaga intisari dan tujuan buku tersebut.


    Sebagaimana disebutkan Imam Al-Ghazali dalam kata pengantarnya, “Saya telah meringkas buku ini disebabkan sulitnya membawa buku Ihya’ dalam perjalanan.” Walhasil, dengan membaca Ringkasan Ihya Ulumuddin ini, diharapkan pembaca dapat memahami dan memeras intisari dan hikmah kitab Ihya Ulumuddin yang monumental.

     

    Imam an-Nawawi berkata: “Jika semua kitab Islam hilang, naudzubillah, dan yang tersisa hanya kitab Ihya’ maka ia mencukupi semua kitab yang hilang itu.”

    Harga:Rp. 95.000,-
  • Dibalik Ketajaman Mata Hati, Imam Al-Ghazali

    Karya Imam Al Ghozali|Tasawwuf

    Buku ini membahas secara khusus mengenai mata hati. Diawali tentang pengertian takut, Imam Ghazali mengharap agar manusia mukmin menyadari betapa kecil dan lemahnya dirinya. Dalam buku ini disebutkan perangkat-perangkat terpenting dalam mencetak “insan kamil” (manusia sempurna)

    Titian terakhir seorang manusia dalam pemenuhan kebajikan adalah apabila seluruh perbuatannya bersifat ilahiah. Seluruh perbuatannya harus menjadi kebajikan mutlak. Kalau sudah demikian, perbuatan yang dilakukan oleh seseorang adalah bukan karena perbuatan itu sendiri. Karena kebaikan merupakan tujuan yang diupayakan karena tujuan itu sendiri. Dalam segmen ini, seluruh hawa nafsunya akan pupus melalui berbagai kejadian yang dialaminya.

    Inilah inti pembicaraan Imam Ghazali dalam buku ini. Selain menjadi sandaran sentral dalam proses pembelajaran di berbagai perguruan, ternyata buku ini menjadi rujukan utama para penulis kitab tasawuf yang datang belakangan. Benar-benar sebuah buku yang berharga untuk para pembaca yang ingin mengetahui cara-cara memperbaiki diri.

    Stok Habis
    Harga:Rp. 55.000,-
  • Imam Ghozali Bercerita - Kisah-kisah dalam Ihya Ulumuddin

    Karya Imam Al Ghozali|Kisah Hikmah

    Ihya' Ulumiddin karya Hujjatul Islam Al-Ghazali ra merupakan sebuah kita b pusaka yang sarat dengan ilmu Islam, iman dan ihsan. Di dalamnya banyak terkandung kisah nyata penuh hikmah yang enak untuk dibaca dan diresapi maknanya.

     

    Penyusun buku ini telah merangkumkan kisah-kisah tersebut dan memberikan beberapa catatan hikmah. Sehingga, Anda tidak sekedar membaca sebuah cerita, tetapi sekaligus mendapatkan berbagai hikmah yang terkandung di dalamnya, yang bersumber dari Al-Qur'an, Hadist dan pemikiran para ulama.

     

    Buku ini dapat Anda jadikan sebagai bahan ceramah di kantor, rumah, bahkan pertemuan-pertemuan penting lainnya. Di samping itu, ia akan sangat membantu Anda untuk menciptakan obrolan santai yang penuh hikmah dalam pergaulan bersama teman dan sanak kerabat.

    Stok Habis
    Harga:Rp. 33.000,-»30.000,-
  • Keajaiban Hati, Imam Al-Ghozali

    Karya Imam Al Ghozali|Tasawwuf

    Seorang manusia takkan mampu mengenal tuhannya (makrifatullah) bila tidak mengenal dirinya sendiri, dan ia takkan mampu mengenal dirinya bila ia tak mengenal hatinya. Sayang, kebanyakan manusia tidak mampu mengenal hati dan dirinya. Ada hijab tebal yang menutupi hati, hingga ia terhalang dari musyahadah (penyaksian), muraqabah (mendekati), dan mengenal sifat-sifat-Nya.

    Melalui buku ini, ulama dan sufi besar Imam al-Ghazali (1058-1111 M) menerangkan seluk-beluk hati, yang perannya amat sentral dalam diri manusia itu. Ia mengurai keajaiban sifat-sifat dan perilaku hati, yang berporos pada makna empat kata inti: al-qalb (hati), ar-Ruh (jiwa), an-nafs (nafsu), dan al-aql (akal). Menurutnya, mengenal hati dan sifat-sifatnya merupakan pokok agama dan pedoman bagi para salikin (orang-orang yang berjalan menuju Allah). Dengan mengetahui sifat-sifat hati dan perilakunya, kita akan lebih mudah mengenal hati kita.

    Mengenal hati berarti pula mengenal pasukan yang menjaga hati itu dari serangan musuh, yaitu setan. Hati itu ibarat benteng, dan setan adalah musuh yang terus menyerang dan bertujuan menguasai benteng itu. Selain menyiapkan tentara yang kuat, baik lahiriyah maupun batinyah, setiap mukmin juga harus menjaga pintu-pintu benteng (hati)-nya, bahkan semua celah dan lobang yang ada, agar tak dimasuki oleh bala tentara setan. Untuk itu, ia lebih dulu harus mengenali letak pintu-pintu benteng itu.

    Di buku berjudul KEAJAIBAN HATI ini, Imam Al-Ghazali dengan cermat mengurai hal ihwal hati yang menakjubkan ini.
    Harga:Rp. 59.000,-
  • Kitab CInta dan RIndu, Imam Al_Ghozali

    Karya Imam Al Ghozali|Tasawwuf

    Cinta dan Rindu itu ibarat dua sisi dari mata uang yang sama. Tak ada cinta tanpa rindu, dan tak ada rindu bila tak ada cinta. Seorang pecinta pasti selalu rindu bertemu dengan kekasihnya. Sebaliknya, tak mungkin ada rasa rindu bila orang itu tidak mencintai orang yang ia rindukan. Dan, rindu itu hanya akan terobati dengan penyaksian (musyahadah).
     
    Fenomena Cinta dan Rindu ini tak hanya terjadi dalam hubungan antar manusia, tapi juga dalam hubungan antara manusia (hamba) dengan Tuhannya (Allah Ta'ala). Bahkan, Cinta dan Rindu itu jauh lebih maksimal terjadi dalam hubungan antara seorang hamba dan Tuhannya. Sebab, cinta manusia itu ada batasnya, sedangkan cinta dan kerinduan Allah pada hamba-Nya, tidaklah ada batasnya. Itulah tingkat kesempurnaan cinta.
     
    Maka, sungguh beruntung manusia yang hidup dalam cinta dan rindu kepada Allah Ta'ala, Sang Pemilik Cinta sejati, karena berarti ia telah mencapai puncak kesempurnaan cinta. Dan ia akan memperoleh obat bagi rindunya itu dengan musyahadah yang sempurna di akhirat kelak, bahkan jauh lebih indah untuk dinikmati daripada surga dan isinya.
     
    IMAM AL-GHAZALI (1058-1111 M), sufi dan filsuf besar yang lahir di Tuz (Persia), memaparkan fenomena luar biasa ini dalam buku yang berjudul "Kitab Cinta dan Rindu" ini, tentang seluk-beluk cinta dan rindu tersebut.*

    Harga:Rp. 79.000,-
  • Penerang Bagi Para Pencari Petunjuk, Hikayat-Hikayat Dalam Kitab Ihya Ulumuddin

    Karya Imam Al Ghozali|Kisah Hikmah

    Buku ini menyajikan kisah-kisah penuh makna yang diambil dari kitab agung Ilya Ulumuddin karya salah satu tokoh ulama tersebesar dalam Islam, Imam Ghazali RA. Banyak sekali pelajaran yang dapat diambil dari kisah-kisah yang beliau paparkan dalam kitabnya. Minimal kita mengenal nama-nama orang shaleh sebab umumnya beliau bercerita mengenai kisah-kisah orang shaleh. 

    Ini sangat penting bagi umat Islam yang lebih mengenal nama-nama artis, pemain bola, dan tokoh dunia, akan tetapi sedikit yang tahu nama-nama ulama terdahulu. Padahal menyebut dan membicarakan seorang shaleh akan menjadi sebab turunnya rahmad kepada kita. Imam Sufyan Ats-Tsauri mengatakan "Ketika kaum shalihin disebut, maka turunlah rahmat."
     
    Buku ini diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi pembacanya agar lebih mendekat kepada Allah SWT dan menjauh dari gemerlap kehidupan dunia yang fana ini. Amin. 
    Harga:Rp. 65.000,-
  • Ringkasan Ihya Ulumuddin, Imam Al-Ghozali

    Karya Imam Al Ghozali|Tasawwuf

    Di zaman serba canggih ini, banyak pemikiran yang bersemayam di dalam otak manusia pun ikut terus berkembang selaras dengan kemajuan teknologi. Namun, tanpa disadari kemajuan intelektual yang besar dalam upaya penerapan materialisme yang ateis pada pola pandang kita dalam menjalani kehidupan. Serangan pemikiran tersebut bertujuan untuk meruntuhkan bangunan agama dari pondasinya melalui penyebaran racun ideologi yang berkedok filosofi kotor yang dikemas sedemikian rupa hingga tak pernah disadari oleh kita dan kita mengadopsinya.

     

    Berlatar belakang pada hal tersebut, Imam Al-Ghozali menulis ringkasan dari kitab karyanya sendiri, kitab Ihya Ulumuddin yang di dalamnya terkandung intisari dan kitab Ihya beserta faedahnya. Buku yang terdiri atas 4O bab ini membahas berbagai amalan ibadah seperti ilmu dan belajar, rahasia salat, zakat dan bekal tentang pengetahuan lainnya yang tentunya penting untuk dipelajari oleh umat Islam.

     

    Dikemas dengan bahasa yang lugas dan mudah dipahami sehingga sudah selayaknya jika buku ini menyita keinginan Anda untuk membaca dan memilikinya.

    Harga:Rp. 46.000,-
  • Terapi Sabara Dan Syukur, Kiat Mensyukuri Nikmat dan Bersabar atas Musibah, Karya Imam Al-Ghozali

    Karya Imam Al Ghozali|Petuah Bijak|Tasawwuf

    Iman itu terdiri dari dua bagian; sebagian berupa sifat sabar dan sebagian lagi berupa rasa syukur. Demikian disebutkan dalam hadits Rasulullah saw. dan atsar para sahabat. Dan, ada juga puluhan ayat Al-Qur’an yang menyebutkan keutamaan dua sifat ini. Maka tak salah kalau dikatakan bahwa tak ada iman bagi orang-orang yang tak mau bersabar dan bersyukur.

     

    Imam al-Ghazali (1058-1111 M) di buku ini membahas dua persoalan penting tentang “Sabar” dan “Syukur”, dua sifat yang seharusnya ada pada diri setiap Muslim tapi nyatanya paling berat untuk dilakukan. Sabar dan syukur ini sendiri merupakan bagian dari sifat-sifat Allah dan dua nama di antara nama-nama-Nya yang indah, karena Allah menyebut diri-Nya sebagai Yang Mahabersabar dan Mahabersyukur.

     

    Sabar itu sendiri mengandung dua makna, yaitu menahan diri dari berbuat maksiat atau yang bakal mendatangkan mudharat di kemudian hari, maupun tabah dalam menghadapi musibah. Sedang syukur merupakan ekspresi terima kasih kita kepada nikmat-nikmat Allah yang diberikan pada kita yang jumlahnya tak terhingga. Dan, ada pula syukur terhadap musibah yang kita terima. Imam al-Ghazali mengupasnya untuk Anda semua.

    Stok Habis
    Harga:Rp. 59.000,-
  • Terjemah Ihya Ulumuddin Karya Imam Ghozali (Lengkap 9 Jilid)

    Karya Imam Al Ghozali|Tasawwuf|Beranda

    Jika semua kitab Islam hilang, dan yang tersisa hanya Ihya 'Ulumiddin, ia dapat mencukupi semua kitab yang hilang tersebut," Imam Nawawi, Ulama dan penulis kitab Riyadush Shalihin

    Ihya 'Ulumiddin akan memandu Anda menemukan jalan yang benar sesuai dengan petunjuk dan teladan Rasulullah Saw.. Karya agung Imam al-Ghazali ini menguraikan dengan sangat detail dan menyeluruh seluruh ajaran Islam, mulai dari keyakinan, amaliah ibadah, hingga akhlak berdasar pada sumber yang otentik; Al-Qur'an dan As-Sunnah. Ditambah lagi dengan bahasa penerjemahan yang enak dan mudah dicerna semua kalangan.

    Paket lengkap Ihya terdiri dari 9 jilid: 1) Ilmu dan keyakinan, 2) Rahasia Ibadah, 3) Akhlak Keseharian, 4) Keajaiban Kalbu, 5) Bahaya Lisan, 6) Dunia dan Godaannya, 7) Pintu Taubat, 8) Sabar dan Syukur dan 9) Zuhud, Cinta dan Kematian. 
    Harga:Rp. 987.500,-
  • Terjemah Ihya Ulumuddin Lengkap 9 Jilid (9 buku)

    Karya Imam Al Ghozali|Tasawwuf|Beranda

    Kitab Ihya Ulumuddin adalah karya seorang ulama besar, Hujjatul Islam, Al Imam Abu Hamid Ghozali atau Imam Ghozali adalah kitab besar yang sangat berpengaruh di kalangan umat Islam. Walaupun umur kitab ini sudah ratusan tahun, namun hingga kini, kitab ini tetap menjadi rujukan utama bagi para penempuh jalan sufi.

     

    Kitab ini berisi ajaran tentang Adab, ibadah, tauhid, akidah dan tasawuf yang sangat mendalam. Kitab ini merupakan hasil perenungan yang mendalam dari Imam Ghozali tentang berbagai hal, khususnya tentang pensucian hati.

     

    Seorang ulama besar lainnya al-Imam an-Nawawi pernah berkata: “Jika semua kitab Islam hilang, naudzubillah, dan yang tersisa hanya kitab Ihya’ maka ia mencukupi semua kitab yang hilang itu.”

     

    Terjemah ini terbagi menjadi 9 buku atau 9 jilid, tujuannya agar praktis dan enak dibaca.

    Harga:Rp. 795.000,-
  • Terjemah Kitab Minhajul Abidin – Imam Al-Ghozali

    Karya Imam Al Ghozali|Petuah Bijak|Tasawwuf

    Ibadah adalah karunia, pahala, kenikmatan abadi, dan sarana menuju surga yang kekal. Kelak terasa indah, seindah hati kaum abidin (ahli ibadah) yang menjalaninya dengan ikhlas dan ihsan. Inilah jalan para nabi, para auliya, shalihin dan mukhlisin.

     

    Namun jalan menuju ke surga-Nya itu bukanlah jalan yang mudah dilalui oleh para hamba yang mudah tergoda indahnya dunia. Berbagai rintangan menghadang, siap menarik seorang hamba ke jurang maksiat, hingga semakin jauh dari tujuan ibadahnya. Rasulullah saw bersabda “ketahuilah bawah jalan menuju surga itu penuh rintangan dan lika-liku, sedangkan jalan ke neraka itu mudah dan rata.”

     

    Melalui kitab ini, Imam Al-Ghozali membagi perjalanan seorang ahli ibadah itu dalam tujuh tahapan. Ini adalah risalah bimbingan yang menjadi wasiat terakhirnya bagi umat, karena tak lama sesudah menyusun buku ini, sang imam ini meninggalkan dunia, menghadap Rabbul Alamin yang selalu beliau rindukan.

     

    Imam Al-Ghozali memaparkan tips-tips penting agar selalu waspada terhadap setiap rintangan yang ada. Sehingga dapat keluar dari perangkap tersebut.

    Harga:Rp. 42.000,-
  • Terjemah MINHAJUL ABIDIN 7 Tahapan Menuju Puncak Ibadah, Imam Ghozali

    Karya Imam Al Ghozali|Tasawwuf

    Ini adalah kitab pungkasan dari sekian kitab yang pernah ditulis oleh sang Hujjatul Islam yang tidak lain adalah Imam al-Ghazali. Orang agung dari Thus itu usianya tidak seberapa, yaitu hanya 55 (lima puluh lima) tahun. Tapi, seakan merupakan perahu-perahu keabadian, kitab-kitab yang ditulisnya senantiasa berlayar menembus gelombang demi gelombang zaman, melintasi ombak demi ombak generasi, meniti lautan demi lautan masa.

    Tidak diragukan lagi bahwa kita kulakan ilmu dan spiritualitas dari Imam al-Ghazali lewat kitab Minhaj al-‘Abidin ini merupakan bagian langkah ruhani yang sudah tepat. Beliau tidak saja mengetahui secara teoretik semua yang ditorehkan dalam kitab ini, tapi yang terpenting juga beliau merasakan sekaligus mengalaminya.

    Buku ini mengajak kita untuk merenungi kembali hakikat ibadah dan berbagai tahapan dalam mencapai kesempurnaan ibadah. Berbagai tahapan yang dimaksud meliputi tujuh hal, yaitu tahapan ilmu dan makrifat, tahapan taubat, mengetahui godaan-godaan ibadah, penghalang-penghalang, pendorong-pendorong, dan perusak-perusak ibadah, serta tahapan pujian dan syukur (al-hamd wa asy-syukr).

    Harga:Rp. 28.000,-
  • Terjemah dan Penjelasan Bidayatul Hidayah – Karya Imam al-Ghozali

    Ibadah|Karya Imam Al Ghozali|Tasawwuf

    Kitab “Bidayatul Hidayah” karya ulama besar Abu Hamid Muhammad al-Ghazali ini banyak disebut-sebut sebagai Mukadimah Ihya Ulumuddin, karya masterpiece beliau yang sangat monumental itu.

     

    Kitab ini membahas proses awal seorang hamba mendapatkan hidayah dari Allah Ta’ala, dimana sang hamba sangat membutuhkan pertolongan dan bimbingan dari-Nya. Juga menjelaskan seputar halangan  maupun rintangan yang tersebar di sekitarnya, yaitu ketika sang hamba berusaha untuk mendekatkan diri kepada Sang Maha Pencipta, melalui tata cara dan  adab yang benar.

     

    Kitab ini secara garis besar berisi tiga bagian. Yakni, Bagian tentang adab-adab ketaatan, bagian tentang meninggalkan maksiat, dan bagian tentang bergaul dengan manusia, Sang Maha Pencipta, dan sesama makhluk. Menurut al-Ghazali, jika hati kita condong dan ingin mengamalkan apa-apa yang ada di buku ini, maka berarti kita termasuk seorang hamba yang disinari oleh Allah dengan cahaya iman di dalam hati.

    Harga:Rp. 25.000,-
  • Tuntunan Mencapai Hidayah Ilahi – Terjemah Kitab Bidayatul Hidayah karya Al-Imam Ghozali

    Karya Imam Al Ghozali|Tasawwuf

    Kitab “Bidayatul Hidayah” karya ulama besar Hujjatul Islam, Abu Hamid Muhammad bin Muhammad bin Muhammad al-Ghazali ini banyak disebut-sebut sebagai Mukadimah Ihya Ulumuddin, karya masterpiece beliau yang sangat monumental itu.

     

    Kitab ini membahas proses awal seorang hamba mendapatkan hidayah dari Allah Ta’ala, dimana sang hamba sangat membutuhkan pertolongan dan bimbingan dari-Nya. Juga menjelaskan seputar halangan  maupun rintangan yang tersebar di sekitarnya, yaitu ketika sang hamba berusaha untuk mendekatkan diri kepada Sang Maha Pencipta, melalui tata cara dan  adab yang benar.

     

    Kitab ini secara garis besar berisi tiga bagian. Yakni, Bagian tentang adab-adab ketaatan, bagian tentang meninggalkan maksiat, dan bagian tentang bergaul dengan manusia, Sang Maha Pencipta, dan sesama makhluk. Menurut al-Ghazali, jika hati kita condong dan ingin mengamalkan apa-apa yang ada di buku ini, maka berarti kita termasuk seorang hamba yang disinari oleh Allah dengan cahaya iman di dalam hati.
    Harga:Rp. 18.500,-
  • Halaman: 1