Petuah Bijak

  • Halaman: « Kembali 1 2 3 4 5 6 Lanjutkan »
  • Memahami Perjalanan Hidup dan Mati Mengenal Hakikat Diri agar Mengenal Allah dan Meraih Husnul Khatimah

    Petuah Bijak

    Ada berbagai macam cara orang untuk mengenal Tuhan. Ada yang mengenal-Nya dengan cara mengamati benda-benda ciptaan-Nya. Ada yang mengenal-Nya dengan melihat kejadian-kejadian yang terjadi di sekitarnya. Ada yang mengenal-Nya pada saat mengalami ujian dan cobaan yang luar biasa yang tidak dapat dihindarinya. Ada pula dengan cara-cara yang lain.

    Salah satu cara untuk mengenal Tuhan ialah dengan mengamati dan mengenal hakikat diri sendiri, sebagai salah satu tanda kebesaran Allah. Untuk memahami hakikat diri, diajukanlah beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan diri, yaitu “Siapakah saya? Dari manakah asal saya? Sedang berada di manakah saya sekarang? Apa yang harus saya lakukan ketika berada di bumi Allah ini? Ke mana tujuan saya nanti? Dan apa yang akan saya gapai besok?  Setiap pertanyaan ini akan melahirkan jawaban yang terkait dengan Allah.

    Buku sederhana ini akan memberikan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan itu dan akan mengantar Anda untuk mengenal Tuhan Agar Anda siap menjadi khalifah-Nya dan berbahagia menjadi hamba-Nya.
    Harga:Rp. 40.000,-
  • Mencegah dan Mengatasi Bahaya Lisan, Imam Al-Ghozali

    Petuah Bijak

    Ketajaman lidah melebihi mata pedang. Sungguh sangat berbahaya. Banyak orang yang celaka karena tiak dapat menjaga lidahnya. Namun tak sedikit pula orang yang menjadi mulia, dihormati, disegani dan dipercaya juga karena lidahnya. Golongan ini karena mampu mencegah dan mengatasi bahaya yang ditimbulkan oleh lidahnya.

     

    Bencana yang ditimbulkan lidah tidak hanya berlaku di dunia. Tetapi juga di akhirat. Orang yang lidahnya senantiasa buruk, mengumpat, mencaci, menghina, menggunjing dan sebagainya diancam Allah dengan siksaan yang sangat pedih. Bahkan orang yang hatinya tidak sesuai dengan lidahnya, ia dianggap munafik.

     

    Imam Ghozali seorang ulama besar menulis kitab Ihya Ulumuddin. Di dalam kitab tersebut beliau menerangkan tentang bahaya bahaya yang ditimbulkan oleh lidah dan cara mengatasinya.

    Harga:Rp. 20.000,-
  • Mendidik Anak dengan Benar - Al-Habib Umar bin Hafidz - Tarim Hadramaut

    Petuah Bijak

    Setelah masa kelahiran, tibalah masa untuk memberikan pemahaman terhadap anak tentang jalan hidup yang lurus dan hal-hal yang dapat menyesatkan dalam kehidupan ini. Semua itu karena dalam kehidupan ini seseorang bisa jadi akan beramal dalam kebaikan dan petunjuk, atau tergelincir dalam kejelekan dan kesesatan.


    Sebab itu menjadi kewajiban setiap orang yang berakal untuk memiliki pemahaman dan kesadaran yang baik atas peran penting yang ada di hadapan anak-anak. Lalu persiapkan mereka untuk memahami makna jalan hidup yang ditetapkan Allah SWT, agar mereka menjalani hidup di bawah cahaya ilahi, dan tidak disesatkan oleh jalan hidup duniawi.

     

    Dalam buku ini, Habib Umar bin Hafiz menjelaskan kepada kita pentingnya memperhatikan pendidikan anak, dan membimbing kita agar menjadi orang tua teladan dalam mendidiknya.

     

    Buku ini lebih menarik lagi, ketika beliau menjelaskan karakter anak dari lahir hingga melewati masa baligh, dann bagaimana cara menghadapi mereka dalam usia itu.

    Harga:Rp. 40.000,-
  • Mengendalikan Nafsu Membentuk Budi Pekerti, Terjemah Kitab Al Qabas Nurul Mubin min Ihya Ulumuddin karya Al Habib Umar bin Hafidz, Tarim, Hadramaut

    Karya Habib Umar bin Hafidz|Petuah Bijak|Tasawwuf

    Al Allamah Habib Umar bin Muhammad bin Salim bin Hafidz bin Syekh Abibakar bin Salim ra, merupakan sosok ulama dan panutan umat di zamannya. Dari goresan penanya telah lahir puluhan karya agung yang mampu menghiasi cakrawala Ahlus Sunnah Wal Jamaah.

     

    Beliau adalah seorang pendidik yang handal, dai yang santun dan seorang ulama yang mukhlis. Dengan karya karyanya kita memperoleh pengetahuan dan siraman bagi kalbu. Karya karya beliau menekankan pada kebersihan hati dan selalu meneladani Nabi Muhammad Saw, sahabat dan Ahlul Bait, serta para shalihin.

     

    Buku ini adalah terjemahan dari salah satu satu bab kitab karya beliau yang berjudul Al Qabas Nurul Mubin min Ihya Ulumuddin yang berjudul Mengendalikan Nafsu Membentuk Budi Pekerti. Kitab ini adalah ringkasan dari kitab Ihya Ulumuddin. Sengaja dicetak perbab, agar memudahkan dan meringankan bagi mereka yang membacanya.

    Harga:Rp. 15.000,-
  • Mensucikan Jiwa, Terjemah Kitab Fathur Robbani karya Sultonul Auliya’ Syaikh Abdul Qadir Jailani

    Karya Syeikh Abdul Qodir al-Jaelani|Petuah Bijak|Tasawwuf

    Pencerahan jiwa, ketulusan kata-kata, kekayaan makna, akan Anda temukan di dalam buku ini. Sebuah maha karya wali Allah, Imam, dan ulama besar Syaikh Abdul Qadir Jailani

     

    Dengan membaca dan merenungkannya Ana akan mendapatkan pelajaran berharga tentang nilai nilai pensucian jiwa. Setelah itu, mudah mudahan jiwa menjadi tercerahkan, sehingga jiwa ini memperoleh manfaat berupa kedamaian, keselamatan dan kesejahteraan dalam mengarungi hidup di dunia

     

    Buku ini telah diterjemahkan ke banyak bahasa dan telah dibaca jutaan orang di seluruh dunia. Buku ini menjadi pegangan bagi orang orang yang ingin hatinya tenang dan damai, bagi orang yang ingin merasakan nikmatnya kebaikan

    Harga:Rp. 90.000,-
  • Mutiara Hadits Peringatan Bagi Yang Lupa, Terjemah Kitab Tanbihul Ghofilin, Abullaits Assamarqandi

    Al-Hadist |Petuah Bijak

    Buku Mutiara Hadits Peringatan Bagi yang Lupa ini diterjemahkan oleh Ustadz Salim Bahreisy dari Kitab Tanbihul Ghofilin yang ditulis oleh Abu Laits As Samarqandi [ulama Tabiut Tabiin, awal abad ke 4 Hijriyah]. Buku ini adalah kombinasi antara penerapan Syariah Islam dan pengungkapan hikmah ilahiah dari Rasulullah, para Nabi dan para ahli hikmah tentang banyak aspek kehidupan di dunia ini melalui sabda sabda, ujaran dan kisah mereka yang mencerahkan.

     

    Topik yang sangat beragam dimuat dengan kalimat yang menyentuh hati, mudah dipahami dan mengilhami pembaca serta kaya akan nilai kearifan yang merupakan pondasi dan akar kehidupan.

     

    Ujaran dan kisah berhikmah dalam buku ini membimbing kita agar menjalani kehidupan dunia ini secara lebih berkualitas dengan mengabdikan diri kepada Allah dan berbuat baik kepada diri sendiri maupun kepada orang lain.

     

    Fungsi penting buku ini adalah sebagai cermin pembanding sejauh mana kualitas diri dalam dalam iman, Islam dan Ihsan. Membaca buku ini Insya Allah akan menyejukkan hati, menggugah kesadaran menuju tauhid, membangkitkan semangat untuk lebih banyak beribadah dan melakukan amal amal soleh dan sebagai peneguh hati untuk terus beramal saleh serta menghindar dari perbuatan perbuatan dosa dan maksiat.

    Harga:Rp. 121.000,-
  • Mutiara Hikmah Imam Muhammad As-Syafi’i

    Petuah Bijak|Sejarah / Biografi|Tasawwuf

    Imam Syafi’i adalah pembaharu agama abad pertama Hijriyah. Pemikiran beliau banyak diikuti oleh umat Islam diseluruh dunia sampai hari ini, bahkan sampai ke Indonesia. Namun sayangnya, banyak diantara umat Islam yang kurang mengenal beliau, baik sejarah, pandangan hidup, mutiara-mutiara hikmah maupun syair-syair beliau.

     

    Buku ini akan menghadirkan Imam Syafi’i sebagai seorang tokoh budaya dan sastra Islam yang luar biasa. Selamat menyelami samudra hikmah Imam Syafi’i.

    Harga:Rp. 15.000,-
  • Mutu Manikam dari Kitab Al Hikam, Karya Fenomenal Syekh Ibnu Athaillah

    Petuah Bijak

    Dewasa ini banyak kita hadapi berbagai macam persoalan hidup yang pelik dan tak ada ujung penyelesaiannya. Tak sedikit orang yang menyelesaikan persoalan hidupnya dengan cara cara yang menyimpang dari ajaran agama, yang pada hakikatnya justru tidak memberi penyelesaian tetapi malah menambah permasalahan.

     

    Kitab Al Hikam merupakan karya fenomenal dari seorang arif billah yaitu Syeikh Ahmad Athaillah. Hadir sebagai penyejuk bagi siapa saja yang membacanya. Karya besar ini memberikan petunjuk ilmu untuk mengawasi diri, membimbing kepada kehalusan budi pekerti dan pensucian hati nurani.

     

    Kitab ini memberikan penjelasan dalam berbagai macam hal yang berkaitan dengan kehidupan, diantaranya: menjelaskan tentang penundaan terkabulnya doa, penjelasan tentang beramal agar termasyhur, penjelasan tentang berkawan dengan orang bodoh dari orang alim, dan masih banyak lagi pemahaman tentang ilmu tauhid dan akhlak yang berkaitan dengan tasawuf Islam.

     

    Semoga buku ini menjadi rujukan yang sangat bermanfaat bagi pembaca dalam menghadapi segala persoalan hidup dengan arif dan bijaksana sesuai dengan judul kitab ini “Al Hikam” yang artinya kumpulan nasehat yang bijak.

    Harga:Rp. 50.000,-»45.000,-
  • Nasehat Agama dan Wasiat Iman – Al Habib Abdullah bin Alwi al-Haddad

    Karya Imam al-Haddad|Petuah Bijak|Tasawwuf

    Buku ini merupakan salah satu karya terbaik al-Imam al-Habib Abdullah bin Alwi al-Haddad rahimahullah. Judul aslinya An-Nashaih ad-Diniyah wa ‘I-Washaya al-Imaniyah {Nasehat Agama dan Wasiat Iman}. Beliau telah menyusunnya persis seperti yang beliau katakan dalam pembukaan buku ini “Saya mencoba menyusunnya dengan ungkapan yang mudah dipahami awam, dan saya gunakan kata-kata yang ringan agar cepat dipahami dan ditangkap maksudnya oleh orang-orang khusus dan orang-orang awam dari ahli Iman dan Islam.”

     

    Al-Habib Abdullah bin Alwi al-Haddad melengkapi buku ini dengan hal-hal yang wajib diketahui oleh setiap muslim, misalnya yang berkaitan dengan aqidah {keyakinan} dan hukum, keluhuran budi pekerti dan akhlak terpuji yang harus kita teladani. Beliau juga menerangkan tentang kerangka dasar dakwah ke jalan Allah dan tata cara menunaikan hak-hak Allah yang diperkuat dengan dalil-dalil firman-firman Allah SWT, Hadist Nabi SAW dan pendapat para imam dan alim ulama 

    Harga:Rp. 50.000,-
  • Nasehat Ayah Kepada Anaknya Agar Menjadi Manusia berakhlak Mulia – Terjemah Kitab Washoya al-Abaa lil Abnaa’

    Petuah Bijak

    Suatu bangsa akan hidup dan akan tetap hidup, selama mereka berakhlak dan beradab. Jika moral bangsa itu bejat, maka hancur dan binasalah mereka.

     

    Akhir-akhir ini gejala kemerosotan moral bangsa sudah sangat luar biasa. Ditambah lagi usaha penghancuran akhlak yang memang telah direncanakan dengan maksud membinasakan bangsa ini.

     

    Untuk itulah Kitab Washoya Al-Abaa lil Abnaa’ ini lahir. Buah keprihatinan akan merosotnya moral dan akhlak. Kitab ini disusun oleh seorang ulama masyhur dari negeri Mesir, beliau adalah As-Syaikh Muhammad Syakir. Kitab ini berisi bimbingan akhlak kehidupan sehari-hari. Kitab ini insya Allah besar manfaatnya untuk putera-puteri kita dalam mewujudkan bangsa yang berbudi luhur dan bertaqwa kepada Allah.

    Harga:Rp. 10.000,-
  • Nasehat Suci Sang Nabi Saw

    Cinta Rasul|Petuah Bijak

    Semua ucapan Baginda Nabi Muhammad Saw adalah berasal dari Wahyu Ilahi. Petunjuk dan risalahnya adalah mutlak benar tanpa keraguan. Melalui hadits haditsnya Nabi Muhammad membimbing dan menuntun umat menuju jalan keselamatan, jalan yang diridhoi Allah Swt.

     

    Buku ini adalah kumpulan hadits hadits Nabi Muhammad Saw tentang nasehat, tuntunan dan petunjuk Nabi untuk mengarungi bahtera kehidupan.

    Stok Habis
    Harga:Rp. 27.000,-
  • Nasehat-Nasehat Al-Imam Al-Ghazali Kepada Para Muridnya

    Petuah Bijak

    Buku ini berisi kumpulan nasehat, pesan penuh hikmah, serta motivasi dari Hujjatul Islam al-Imam Muhammad bin Muhammad bin Muhammad al-Ghazali ra kepada para murid dan pecintanya sebagai penuntun kita dalam menjalani roda kehidupan.

     

    Semuga nasehat yang mereka ucapkan bersumber dari al-Qur’an dan Sunnah Baginda Nabi SAW. Pesan serta nasehat-nasehat di dalamnya dapat membangkitkan semangat serta fikiran untuk giat dalam berbuat kebajikan.

     

    Walaupun beliau ra telah berpulang ke rahmatulah, namun nasehatnya selalu terngiang di telinga kita, sehingga kita tetap dapat memperoleh bimbingan dan pengarahan dari beliau ra. Sudah sepantasnyalah kita jaga warisan ini dan kita ikuti semampu kita, karena ucapannya adalah sebaik-baik kawan pada aman seperti ini. 

    Harga:Rp. 10.000,-
  • Nasihat Bagi Hamba Allah - Terjamah kitab Nashaihul Ibad

    Petuah Bijak|Tasawwuf

    Buku ini adalah terjemah dari kitab Nashaibul Ibad karya Syekh Muhammad Nawawi Ibnu Umar al-Jawi atau yang lebih dikenal dengan Syekh Nawawi al-Bantani. Kitab ini diajarkan di hampir setiap madrasah dan pondok pesantren di seluruh Indonesia.

    Di dalamnya memuat ratusan nasehat-nasehat yang sangat dalam dan menyentuh ke akar kehidupan. Sangat menarik
    Harga:Rp. 25.000,-
  • Nikmat Saat Sekarat – Tuntunan lengkap menyambut kematian

    Ibadah|Petuah Bijak|Thariqah

    Bagaimana tata cara menangani seseorang yang sekarat? Tindakan apa yang seharusnya dilakukan? Apa yang sebaiknya dibaca? Mungkin kita pernah mendengar tentang talqin. Tetapi yang harus diingat, talqin pun memiliki tata cara dalam mempraktekkannya.

    Apa kita mau, saat sakaratul maut tiba, sementara di sekeliling kita hanya terdapat mereka yang tidak mengetahui tuntunan agama dalam menghadapi masalah tersebut? Memang benar bahwa husnul khatimah atau sebaliknya tergantung oleh amal. Tetapi setiap orang pasti berharap, bukan hanya husnul khatimah, melainkan dapat melewati sekarat dengan “nikmat”, dan tak menyisakan sesuatu yang mengganjal di dada.

    Buku ini mengulas mengenai tata cara menghadapi peristiwa dahsyat tersebut. Termasuk tindakan yang seharusnya dilakukan bagi mereka yang diyakini telah meninggal.

    Ali Kw. Pernah menasehati putranya, “Anakku, pelajarilah tentang kematian, agar waktu ia tiba tidak mengejutkanmu, lalu kamu tercengang dan bingung. Jika (di saatsekarat) kamu tercengang, berarti kamu dikejutkan oleh sesuatu yang sebelumnya tidak kamu pikirkan.”

    Tak berlebihan bila dikatakan, bahwa mengetahui masalah tersebut wajib bagi setiap muslim. Karena hampir dapat dipastikan, setiap kita akan menghadapinya. Kalaupun tidak, bukankah kita sendiri akan mengalami sekarat? Agar tak terkejut, bingung, apalagi mengambil tindakan yang salah, maka pelajarilah tentang kepergian yang tak kembali lagi ini.
    Stok Habis
    Harga:Rp. 40.000,-
  • Obat Penyakit Hati, Menikmati Hidup dengan Hati Damai, Menghilangkan Was Was, Ketakutan dan Putus Asa, Ibnu Qoyyim Al Jauziyah

    Petuah Bijak|Tasawwuf

    Bila perasaan Anda sering gelisah, was was atau sering ketakutan, mungkin hati Anda sedang sakit. Bila ketika kesulitan, masalah dan musibah datang, Anda merasa putus asa, kecewa berlebihan, mungkin hati Anda sedang sakit. Orang yang mampu menikmati hidup adalah orang yang sehat jasmani dan rohani. Banyak orang yang memperhatikan tubuh luarnya tapi lupa dengan kesehatan rohaninya. Akibatnya hidup terasa sulit dan penderitaan sering datang.

     

    Bila Anda ingin menikmati hidup dengan hati damai, Anda harus mempunyai hati yang baik. Buku ini ditulis oleh seorang ulama besar dan telah menjadi rujukan orang dibanyak negara.

     

    Buku ini menjelaskan:

    Bagaimana menjalani kehidupan dengan nikmat

    Bagaimana mengobati hati yang sakit

    Bagaimana menghadapi was was, ketakutan dan rasa putus asa

    Bagaimana membuka pintu kemudahan dari Allah

    Harga:Rp. 33.000,-»28.500,-
  • Pedoman Belajar Pelajar dan Santri, Terjemah Kitab Taklimul Muta'allim karya Syekh Az Zarnuji

    Petuah Bijak

    Buku ini adalah terjemah dari kitab Taklimul Mutaallim yang banyak diajarkan di berbagai pondok pesantren. Buku ini menjadi semacam panduan bagi seorang pelajar atau santri dalam proses menuntut ilmu, agar ilmunya bermanfaat dan agar kelak bisa merasakan manis buah belajarnya.

     

    Buku ini terdiri dari 13 Bab, yaitu :

    1.Hakikat ilmu, fikih dan keutamaannya

    2.Niat untuk Belajar

    3.Memilih guru, ilmu, teman dan ketabahan

    4.Mengagungkan ilmu dan ulama

    5.Tekun, Istiqamah dan minat

    6.Permulaan, ukuran dan tata tertib Belajar, yaitu tertib bacaan mana yang harus didahulukan dan mana yang kemudian.

    7.Tawakkal

    8.Waktu mendapatkan hasil ilmu

    9.Kasih sayang dan nasehat

    10.Mencari faedah

    11.Sifat waro’ di waktu belajar

    12.Penyebab hafal dan lupa

    13.Mendapatkan dan menolak rezeki, serta memperpanjang dan memperpendek umur

    Harga:Rp. 10.000,-
  • Pembahasan Tuntas Perihal Khilafiyah - Habib Muhammad bin Husein Al-Hamid Al-Husaini

    Petuah Bijak|Tasawwuf

    Dalam kehidupan ini, perbedaan pendapat memang merupakan kenyataan yang tak dapat dihindarkan, karena peranannya sebagai salah satu faktor penggerak proses kemajuan. Akan tetapi, jika perbedaan pendapat itu timbul dari prasangka buruk dan dikumandangkan dengan berbagai tuduhan yang menusuk perasaan, soalnya menjadi lain. Itulah salah satu hal yang tidak dapat dibenarkan dan harus diupayakan pencegahannya. Upaya mengatasi kesalahapahaman dan silang pendapat di antara sesama kaum muslimin adalah kewajiban mulia, karena dengan adanya saling pengertian akan terwujud kesatuan dan persatuan umat Islam dalam arti yang sebenar-benarnya. Hal tersebut harus diupayakan secara terus-menerus selagi umat ini belum seluruhnya berpegang kembali pada "tali Allah" yang satu dan yang sama.


    Penjelasan-penjelasan di dalam buku ini diupayakan semaksimal mungkin untuk mudah dipahami oleh semua kalangan, dengan didasarkan pada dalil-dalil syar'i—Alquran, Hadis Nabi, dan berbagai pendapat ulama.

     

    Buku ini sangat bermanfaat dan dapat menghapus suara-suara sumbang dari telinga kaum Muslimin. Dan dengan adanya saling pengertian ini, maka kesalahpahaman di kalangan umat Islam dapat dihindarkan.

    Harga:Rp. 159.000,-»148.500,-
  • Penyejuk Hati, Kumpulan Nasehat dan Pesan Hikmah dari Para Sahabat Nabi Saw, Para Wali, Tokoh Sufi, Ulama, dan Ahli Hikmah

    Petuah Bijak

    Kata kata hikmah dan bijak bisa memberikan motivasi dan dampak psikologis pada seseorang. Kata kata tersebut bisa mememotivasi seseorang berperilaku semakin berkualitas dan bermutu.

     

    Buku ini berisi kumpulan nasehat kata bijak, pesan penuh hikmah, nasehat, serta motivasi para Sahabat Nabi Saw, para wali, para imam madzhab, ulama, shalihin, tokoh sufi, ahli hikmah, sebagai penuntun kita dalam menjalani roda kehidupan.

     

    Semua nasehat yang mereka ucapkan bersumber dari al Qur’an dan Sunnah Baginda Nabi Saw. Pesan serta nasehat nasehat di dalamnya dapat membangkitkan semangat untuk giat dalam berbuat kebajikan. Sengaja buku ini disajikan dalam bahasa Indonesia, tujuannya agar semua dapat menikmatinya.

    Harga:Rp. 33.000,-»30.000,-
  • Penyejuk Jiwa Pelipur Lara, Kumpulan Kata Mutiara dan Hikmah dari Berbagai Ulama

    Petuah Bijak

    Buku ini adalah kumpulam-kumpulan hikmah yang dipungut dari ragam kitab salaf seperti, Ad-Da'wah At-Tammah, Tasbitul Fuad, Al-Ashifaya, Kitabul Hikam, Al-Manhajus Sawi, Syarhul 'Ainiyyah, Nashaihul 'Ibad, Ihya Ulumiddin, Al-Anwar fi Shubhatil Akhyar, Al-Anwar Al-Qudsiah, dan sebagainya. Dari semua itu kami berketetapan untuk mengalih bahasakan dengan menyertakan pula bahasa Arabnya agar lebih mudah digunakan sebagai rujukan dalam ceramah, khutbah, atau bahan 'sentilan' nurani diri kita sendiri.

     

    Insya Allah dengan hikmah-hikmah yang ada di buku ini bisa memberikan manfaat kepada kita dalam rangka meningkatkan kesadaran diri.

    Harga:Rp. 18.000,-
  • Perjalanan Menuju Allah – Terjemah Kitab Adab Sulukil Murid Karya al-Habib Abdullah bin Alawi al-Haddad

    Karya Imam al-Haddad|Petuah Bijak|Tasawwuf

    Buku ini merupakan suatu pengalaman ruhaniyah dari seorang waliyullah, seorang syeikh yang agung peranan serta budi pekertinya. Beliau meruapakan pendidi sejati yang tetap dikekang sepanjang masa. Beliau merupakan dzurriyyah dari pewaris Nabi Muhammad saw. Beliau adalah al-Imam al-Habib Abdullah bin Alawi al-Haddad. Metode penulisan buku ini mudah serta praktis khususnya bagi mereka para pencari tuhan
    Harga:Rp. 21.000,-
  • Halaman: « Kembali 1 2 3 4 5 6 Lanjutkan »