Sejarah / Biografi

  • Halaman: « Kembali 1 2
  • Nurul Burhan Kitab Manaqib Syekh Abdul Qadir Al-Jailani

    Sejarah / Biografi

    Kata 'manaqib' adalah bentuk jamak dari mufrod 'manqobah'. Secara bahasa manaqib berarti meneliti, menggali. Secara istilah diartikan sebagai riwayat hidup seseorang yang berisikan tentang budi pekertinya yang terpuji, akhlaknya yang mulia, karomahnya dan selainnya yang patut dijadikan sebagai bahan pelajaran/suri tauladan.

    Kitab ini menjelaskan manaqib atau kisah hidup/biografi dari seorang sulthanul auliya' Syekh Abdul Qadir al-Jailani. Disertai terjemah Arab Pegon (aksara Arab berbahasa Jawa) sehingga memudahkan pembaca memahami isinya.
    Harga:Rp. 12.000,-
  • Nurul Yaqiin, Sirah Nabi Muhammad SAW

    Sejarah / Biografi

    Tarikh atau kisah perjalanan hidup Rasulullah saw.sejak beliau dilahirkan hingga akhir hayatnya sebagai suri tauladan bagi setiap kaum muslimin di dalam mengarungi kehidupan di dunia ini sekaligus mengikutinya. Kisah ini diceritakan secara teratur mengikuti alur kehidupan Rasulullah SWT.. 

    Peristiwa-peristiwa yang menunjukkan kesempurnaan akhlak dan budi pekerti beliaupun tak luput dikisahkan. Bahan referensi dalam tulisan ini adalah Al-quranul karim dan hadist-hadist shahih yang diketengahkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim. Dan ditambah referensi dari kitab As-Syifa karya Qadhi Iyadh, kitab As-Siratul Halabiyah dan kitab Al-Mawahibul Ladunniyyah karya Al-Qhasthalani dan kitab Ihya Ulumuddin karya Imam Ghazali.
    Harga:Rp. 40.000,-
  • Riwayat Hidup Para Wali dan Shalihin, Plus Maulid Dhiyaul Lami

    Sejarah / Biografi

    Sebahagian ulama mengatakan, para wali adalah kaum yang bila kita memandang mereka, kita akan teringat Allah SWT. Mereka pula yang menerangi bumi saat kegelapan menyelimuti, dengan akhlaq dan sifat-sifat terpuji. Jika mereka tiada, bagaimana dengan manusia, yang semakin hari semakin terperosok ke lembah maksiat?

     

    Buku ini berisi manakib/biografi dari para Wali dan Shalihin yang dilengkapi dengan foto-foto seputar perjuangannya. Diantaranya; Fakhrul Wujud Syeikh Abu Bakar bin Salim, Syaikh Muhammad Sa'id Ramadhan Al-Buthi, Habib Hasan bin Abdullah Asy Syathiri, Habib Salim bin Abdullah Asy Syathiri.

     

    Insya Allah, dengan membaca buku ini kita akan terdorong untuk meneladani kemuliaan akhlaq para waliyullah tersebut. Selain itu, buku ini juga disertai dengan Maulid Dhiyaul Lami karya Habib Umar bin Hafidz.

    Harga:Rp. 52.000,-
  • Salam Dari Langit - Kisah, Hikmah, & Fadhilah Sayyidah Khadijah Al-Kubra

    Kisah Hikmah|Muslimah|Sejarah / Biografi

    Sayyidah Khadijah Al-Kubra

    Ia menjalani hidup dalam kibaran harapan dan aroma wangi mimpi yang ia alami. Kelak mimpinya menjadi nyata, menjadi sumber kebaikan untuk umat manusia dan sumber cahaya dunia. Pandangan jernihnya mampu memahami segala peristiwa yang terjadi di sekitar dalam bentuk yang selaras dengan kehidupannya

    Ia adalah wanita yang luar biasa dalam membela agama ini. Tak aneh apabila ia senantiasa ada di hati Rasulullah SAW. Mengenal dan memuliakannya adalah kewajiban setiap manusia yang beriman. Sebab, istri Nabi Muhammad SAW adalah ibu seluruh manusia muslim baik yang hidup di masanya atau generasi setelahnya sampai hari kiamat tiba

    Harga:Rp. 50.000,-
  • Sejarah Hadramaut, Melahirkan Wali-Wali Seperti Bumi Menumbuhkan Sayur-Mayur, Dilengkapi dengan Foto-Foto

    Sejarah / Biografi

    Hadramaut adalah suatu daerah yang terletak di Timur Tengah, tepatnya di kawasan seluruh pantai Arab Selatan dari mulai Aden sampai Tanjung Ras al-Hadd, di negara Yaman.

    Buku ini berisi penjelasan detail bagaimana sejarah hadramaut, bagaimana kondisi Yaman di masa lalu. Selanjutnya bagaimana model bangunan. berbagai masjid-masjid di sana. Tempat-tempat bersejarah dan ziarah. Selain itu juga dijelaskan biografi tokoh-tokoh ulama terkemuka, bagaimana gejolak politik yang terjadi, dan lain sebagainya. Buku ini semakin menarik untuk disimak karena dilengkapi dengan foto-foto ekskulif.

    Harga:Rp. 48.000,-
  • Sejarah Hidup Nabi-Nabi, Salim Bahreisy

    Sejarah / Biografi

    Salah satu rukun iman, ialah iman kepada para Nabi dan Rasul, terutama dua puluh lima Nabi dan Rasul yang kisahnya telah diwahyukan oleh Allah kepada Nabi Muhammad di dalam kitab suci Al-Qur’anul Karim. Maka akan makin mantaplah iman seseorang mukmin jika di samping mengenal dan menghafalkan nama para Nabi dan Rasul itu, tapi juga mengetahui sejarah perjuangan mereka menyampaikan risalah Allah kepada umatnya

     

    Adapun pokok-pokok yang tersusun dalam buku ini sumbernya dari Allah Swt yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad Saw, sebagaimana telah tersurat dalam Al-Qur’an. Beberapa Nabi seperti Nabi Ilyas, Dzul Kifli, El-Yasa yang hanya nama-namanya tercantum dalam Al-Qur’an tanpa menceritakan kisahnya, tidak dikisahkan dalam buku ini.

    Harga:Rp. 55.000,-
  • Sejarah Hidup Sayyidina Abu Bakar As-Siddiq - Muhammad Husain Haekal

    Sejarah / Biografi

    Diterjemahkan sepenuhnya menurut buku aslinya tanpa terlalu jauh meninggalkan gaya (uslub) pengarang yang terkenal khas.

     

    Banyak pelajaran yang akan kita peroleh, bagaimana disiplin yang diajarkan Nabi dipertahankan oleh para sahabat, bagaimana Abu Bakr, Umar, dan Khalid sebagai jenderal yang jenius dan yang lain dapat berjaya, patuh dengan penuh disiplin kepada Nabi. Setelah Nabi wafat kepemimpinan dipegang Abu Bakr dengan kepatuhan dan disiplin yang tetap dipertahankan, begitu indah sebagai teladan.

    Studi analisis tidak hanya tentang Abu Bakr, tetapi antara lain juga mengenai Khalid bin al-Walid, `Amr bin al-'As dan yang lain, sekaligus dapat kita lihat Islam di Asia barat daya masa itu.

     

    Membaca sejarah yang ditulis Haekal ini kita seperti membaca sebuah novel, dengan analisis psikologi tentang watak pribadi-pribadi pelaku sejarah itu.

    Dengan membaca Sejarah Hidup Muhammad sedikit banyak kita sudah mengenal Haekal sebagai sarjana dan sastrawan terkemuka, dia juga penulis biografi yang teliti dan punya kesabaran mengamati sampai soal yang sekecil-kecilnya: Soal pengumpulan Qur' an dibahas terinci. Tidak sekadar biografi, tetapi penulis membahas juga soal konsep negara dan pemerintahan Islam,dengan cara dan gayanya yang menarik sekali.

    Karena pengertiannya, kesetiaan dan disiplinnya yang tinggi, Abu Bakr dengan gemilang dapat meneruskan kepemimpinan Nabi dalam menjalankan tugasnya. Bagaimana perjalanan sejarah Islam jika setelah Rasulullah wafat bukan Abu Bakr yang menggantikannya ? Itulah pertanyaan yang menggoda pengarang. Bagaimana jawabannya ? Banyak pelajaran yang dapat kita peroleh dari buku ini.

    Harga:Rp. 105.000,-
  • Sejarah Hidup Sayyidina Ali bin Abi Talib Sampai kepada Hasan dan Husain

    Sejarah / Biografi

    Sayyidina Ali bin Abi Talib adalah salah satu dari sahabat Rasulullah SAW yang dijamin masuk surga. Kecerdasannya diakui oleh Nabi. Dari empat Khulafaurasyidin, hanya Sayyidina Ali yang meninggalkan karya monumental Najh al- Balagh

     

    Sejarah membuktikan, bahwa Sayyidina Ali adalah tokoh muda pemberani masa itu; sebagai ‘tameng hidup’ Nabi ketika berangkat hijrah; membuat ciut nyali musuh dalam beberapa peristiwa penting; serta penakluk benteng Khaibar. Kontroversi mengenai dirinya pun tak kalah hebatnya; pengangkatan kekhalifahan setelah Nabi; kematian Usman bin Affan; pemberontakan dua klompok oposisi, Aisyah dan Mu`awiyah; hingga terbunuhnya Sayyidina Ali di tangan Ibn Muljam seorang Khawarij.

     

    Biografi ini Insya Allah bersih dari segala kepentingan dan tidak memihak salah satu kelompok mana pun karena ditulis berdasarkan sumber-sumber sejarah yang kuat dan dapat dipertanggungjawabkan, serta bukan hanya bersifat deskriptif, melainkan juga studi analisis. Hal tersebut lebih tampak ketika memasuki babak baru setelah Ali, yakni peristiwa penting kehidupan kedua putranya Hasan dan Husain. Mengapa terjadi demikian, dan bagaimana akhirnya?

     

    Semua dikupas tuntas disertai analisis yang tajam dari penulisnya, Ali Audah. Dia lebih dikenal sebagai sastrawan dan budayawan yang telah mengantarkan empat seri tokoh sejarah Islam karya Muhammad Husain Haekal, yakni sejarah Hidup Muhammad, Abu Bakr as-Syiddiq, Umar bin khattab dan Usman bin Affan. Sehingga dengan hadirnya buku ini, menambah kelengkapan koleksi buku biografi sebelumnya.

    Harga:Rp. 80.000,-»72.000,-
  • Sejarah Hidup Sayyidina Umar bin Khattab – Muhammad Husain Haekal

    Sejarah / Biografi

    Di antara para sahabat Nabi Muhammad saw, jelas Sayyidina Umar bin Khattab yang paling banyak dibicarakan, dikutip dan dibahas orang. Mengapa begitu? Dalam buku ini, tampak jelas kehidupan tokoh yang luar biasa ini sejak kelahirannya, masa jahiliahnya yang garang, masuk Islam serta peranannya di samping Nabi dan sahabat-sahabatnya, mendampingi Abu Bakar as-Shiddiq, menjadi Amirulmukminin, hingga akhir hayatnya, dengan bahasa terjemahan yang enak dibaca dan jelas. Rasanya tak akan berhenti kita membacanya sebelum tamat.

     

    Analisisnya tentang kehidupan agama, sosial, politik dan administrasi Negara dirintis oleh Sayyidina Umar dengan peranannya yang begitu menonjol dalam bergelut dengan semua itu. Masuknya Islam ke Irak, ke Syam, ke Persia dan ke Mesir merupakan sejarah Islam tersendiri. Keyakinan apa saja yang dianut mereka sebelum kedatangan Islam ke sana dan bagaimana sikap dan sambutan mereka terhadap agama baru ini? Bagaimana kebijakan Umar dalam hal ini? Mengapa begitu? Jawaban yang diberikan pengarang untuk semua itu serta logikanya yang mendasarinya memberi wawasan tersendiri yang sangat berharga buat direnungkan, terutama dalam kehidupan kita masa sekarang.

     

    Akan kita lihat juga ijtihad Sayyidina Umar dalam hukum fikih yang berlaku pada zamannya, di samping peristiwa-peristiwa hukum baru yang timbul setelah Rasulullah wafat. Ijtihadnya tentang hadist Nabi itu sendiri, tentang minuman keras, tentang hukum talak, tentang mualaf dan sebagainya. Fikih banyak berutang budi kepada Umar, kata para ahli, Mengapa khalifah yang agung ini menjadi pembicaraan orang sebagai tokoh sejarah, di Timur dan di Barat, dan dijadikan teladan?

     

    Kalau kita ingin membaca biografi atau sejarah dengan penelitian dan analisis yang mendalam, tetapi seperti membaca sebuah novel, mengasyikkan, maka yang demikian itu akan kita dapati dalam buku ini.

     

    Buku-buku biografi yang ditulis Muhammad Husain Haekal, termasuk buku ini, sering menimbulkan inpirasi. Begitu juga dalam ia membuat studi, meneliti lalu memberi ulasan. Tidak begitu saja ia menerima apa yang biasa ditulis orang. Ia membuat kesimpulan, setelah menghadapi masalah-masalah yang dipandang rumit.

    Harga:Rp. 120.000,-
  • Sepucuk Surat Cinta Untuk Anak Cucu Fatimah Az Zahra, Untaian Nasehat Dari Salafus Shaleh Untuk Para Pecintanya

    Petuah Bijak|Sejarah / Biografi

    Jauhnya masyarakat dari akhlak Salafus Shaleh menjadikan syariat mulai terabaikan. Bahkan keturunan mulia yang bernasab kepada makhluk yang paling mulia, yang seharusnya menjadi penerus para leluhurnya sedikit sekali untuk bisa diharapkan. Yang terjadi mereka enggan mengikuti jejak leluhurnya, bahkan menyimpang dari jalan yang sudah dibangun oleh para pendahulunya selama ini.

     

    Dengan hadirnya buku “Sepucuk Surat Cinta Untuk Anak Cucu Fatimah Az Zahra, Untaian dari Salafus Shaleh Untuk Para Pecintanya” berharap agar para keturunan mulia tersebut kembali ke jalan para leluhurnya, baik ilmu, ibadah dan akhlak yang luhur, mengenal biografi mereka, sehingga bisa mengayomi umat menuju jalan yang lurus dan diridhoi. Serta, bisa menjadikan keturunan mulia tersebut keturunan yang bisa membanggakan hati kakek mereka Baginda Muhammad Saw dan puteri tercintanya Sayyidah Fatimah Az Zahra Radhiallahuanha.

    Stok Habis
    Harga:Rp. 45.000,-
  • Sirah Nabawiyah - Analisis Ilmiah Manhajian Sejarah Pergerakan Islam di Masa Rasulullah SAW - DR. Said Ramadhan Al-Buthi

    Sejarah / Biografi

    Buku yang disusun DR. Said Ramadhan Al-Buthi, ulama besar Suriah ini berbeda dengan buku sejarah Islam pada umumnya. Buku Sirah Nabawiyah ini menampilkan gambaran tentang hakikat Islam secara komprehensif yang tercermin dalam kehidupan Nabi SAW.

    Buku Sirah Nabawiyah ini merupakan sebuah upaya aplikatif yang bertujuan memperjelas hakikat Islam secara utuh dalam keteladanannya yang tertinggi, pada pribadi Muhammad saw.

    Buku ini menjadi rujukan di berbagai universitas Timur Tengah, bahkan perguruan tinggi dan pesantren di Indonesia.  
    Harga:Rp. 115.000,-
  • Sirah Nabawiyah - Perjalanan Hidup Rasul yang Agung Muhammad SAW, Dari Lahir Hingga Detik-detik Terakhir

    Cinta Rasul|Sejarah / Biografi

    Manakala untuk mendapatkan informasi secara rinci dan gamblang mengenai riwayat hidup para nabi terdahulu sangat sulit, maka lain halnya dengan sirah (riwayat hidup) Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Sirah beliau dipaparkan secara rinci dan gamblang, sejak dari menjelang kelahirannya, lingkungannya, kehidupannya sebelum menjadi Rasul, bagaimana diutus, kehidupannya di tengah masyarakat, hingga kepada hal yang sekecil-kecilnya.

    Bukan itu saja, bahkan kelengkapan sirah beliau mencakup semua aspek kehidupannya mulai dari persoalan ibadah, mu’amalah, sosial dan sebagainya. Hal ini menandakan bahwa sirah beliau tidak sekedar menitikberatkan perhatian pada hal-hal yang bersifat ukhrawi saja, namun juga yang bersifat duniawi.

    Membaca sirah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam juga bukan sekedar untuk bahan bacaan dan mendapatkan informasi sesaat di mana setelah itu selesai, tetapi lebih dari itu; yaitu untuk meneladani sifat dan kehidupan beliau dalam segala hal, mengambil ‘ibrah (pelajaran) darinya dan menerapkannya dalam kehidupan.

    Buku ini merupakan salah satu referensi penting untuk mendapatkan hal itu. Di dalamnya terdapat kupasan menarik mengenai sejarah kehidupan bangsa Arab; kehidupan agama, sosial, budaya, politik, ekonomi, letak georafisnya, suku-sukunya dan beberapa kerajaan yang ada saat itu. Dipaparkan pula sisi kehidupan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam secara lengkap dan terperinci kemudian ditutup dengan pemaparan detik-detik terakhir kehidupan beliau serta gambaran sifat dan budi pekerti beliau.

    Nilai tambah buku ini: Analisis sejarah yang tajam dengan argumentasi yang akurat Konversi semua kejadian dalam tahun Hijriah ke dalam tahun Masehi Diedit secara ketat oleh tim muraja’ah dan editor Penguasaan penulis di bidang hadits, membuat beliau sangat jeli di dalam memilah dan memilih hadits serta mengkritisinya Menjaga dengan sangat amanah ilmiah di dalam penerjemahan Diterjemahkan dari buku asli yang telah direvisi sendiri oleh pengarangnya sehingga otomatis banyak tambahan yang bermanfaat dan penghapusan hal-hal yang tidak diperlukan Dilengkapi dengan peta lokasi yang sudah direvisi Dengan demikian, buku ini amat layak untuk dimiliki dan dijadikan sebagai salah satu rujukan penting dalam literatur perpustakaan Islam, wallahu a’lam
    Harga:Rp. 120.000,-
  • Sosok Kebanggaan Umat Syeikh Abu Bakar bin Salim, Manaqib dan Sejarah Hidupnya

    Sejarah / Biografi

    Mengangkat sejarah perjalanan hidup seseorang yang terhiasi dengan berbagai kemuliaan dianggap cukup perlu di zaman sekarang ini, tak lain agar bisa meniru, meneladani dan menimbang amal perbuatan umat zaman sekarang dengan mereka yang terdahulu.

     

    Syeikh Abu Bakar bin Salim adalah sosok teladan yang patutu dibanggakan. Bagaimana tidak, kehidupannya penuh dengan ketaatan kepada Allah, kecintaan dan peneladanannya  kepada Rasulullah serta kasih sayang kepada umatnya. Terdidik di dalam keluarga yang penuh akhlak dan perangai yang baik, bernasab mulia nan agung, pemilik maqam tinggi di sisiNya.

     

    Buku ini sangat layak bagi mereka yang ingin lebih mengenal Syekh Abu Bakar bin Salim. Di dalamnya terdapat sejarah hidup, akhlak dan buku pekerti, doa dan wirid kesehariannya, peninggalan dan karomahnya, serta kemuliaan anak cucu dan perhatian sepeninggalnya. Semua itu dikemas dengan bahasa yang mudah dipahami dengan pembahasan yang cukup gamblang.

    Harga:Rp. 50.000,-
  • Terjemah Kitab Nuurul Yaqiin, Sejarah Nabi Muhammad Saw

    Cinta Rasul|Sejarah / Biografi

    Nuurul Yaqiin adalah sebuah kitab yang bertutur tentang tarikh/sejarah perjalanan hidup Rasulullah Saw, mulai lahir hingga akhir hayatnya. Diceritakan secara teratur dan runtut sesuai alur kehidupan Rasulullah. Kesempurnaan akhlak dan budi pekerti Rasulullahpun tak luput diceritakan, juga mukjizat mukjizat beliau.

     

    Bagi seorang muslim, sikap dan kepribadian Nabi Besar Muhammad Saw yang mulia itu wajib dijadikan contoh dalam kehidupan sehari hari. Tentu saja, tak mungkin seseorang bisa mencontohnya, apabila ia tidak mengenal dan mengetahui bagaimana kisah dan sejarahnya hidupnya. Buku hadir untuk itu.

    Harga:Rp. 35.000,-
  • Ummul Mukminin Aisyah Potret Wanita Mulia Sepanjang Zaman

    Muslimah|Sejarah / Biografi

    Aisyah radhiyallahu anha adalah istri Nabi Muhammad yang paling beliau cintai. la memiliki banyak keutamaan dan keistimewaan yang tidak dimiliki istri-istri beliau yang lain. Di antaranya adalah, Aisyah merupakan satu-satunya istri Nabi yang perawan; Allah Ta’ala menurunkan dari langit pembebasannya dari tuduhan keji; Malaikat Jibril datang menemui Nabi dengan membawa gambarnya; wahyu turun kepada Nabi saat beliau berada dalam satu selimut bersama Aisyah radhiyallahu anha; Aisyah pernah melihat Malaikat Jibril; Allah Ta’ala mencabut nyawa Nabi saat berada dalam dekapan Aisyah, bertepatan pada hari giliran Aisyah, dan beliau dimakamkan di rumah Aisyah,.

    Aisyah radhiyallahu anha bukan hanya seorang istri Nabi, tapi juga merupakan bintang di langit sejarah Islam. Salah satu credit point terbesarnya adalah, banyaknya jumlah hadits yang is hafal dari Rasulullah dan kepahamannya tentang figih, hadits, tafsir, ilmu syariat, sastra, syair, sejarah, nasab, ataupun pengobatan, sehingga is menjadi rujukan utama bagi para sahabat dan shahabiyat lainnya. Itu hanya salah satunya, disamping luasnya lautan kepribadian dirinya sebagai Ummul Mukminin yang menjadi rujukan kepribadian seluruh muslimah.

    Buku ini memaparkan `segudang’ keutamaan dan keistimewaan Aisyah; luasnya cakrawala ilmu dan pemahaman Islamnya; dan bantahan¬bantahan terhadap syubhat-syubhat yang dilontarkan kaum orientalis dan Syiah untuk mendiskreditkan dan menodai kehormatan pribadi Aisyah, istri pembawa risalah Islam, Muhammad shallallahu alaihi wasallam.
    Harga:Rp. 85.000,-
  • Usman bin Affan - Antara Kekhalifahan dengan Kerajaan - Muhammad Husain Haekal

    Sejarah / Biografi

    Bagian pertama buku ini akan mengenalkan kita dengan sosok khalifah ke-3, Usman bin Affan RA, paras muka, gerak-gerik dan kegemarannya, asal-usul dan kedudukannya disamping Nabi dan para sahabat, akhlaknya sebelum dan sesudah masuk Islam. Perkawinannya dengan Ruqayyah dan Um Kulsum putri-putri Nabi, sampai hijrahnya ke Abisinia.

     

    Diuraikan rangkuman peristiwa pemilihan khalifah pengganti Khalifah Umar bin Khattab. Persaingan antara Banu Hasyim dan Banu Umayyah memperebutkan jabatan khalifah, sampai terpilih dan dilantiknya Usman. Dilema pertama yang dihadapinya menyelesaikan masalah hukum setelah Umar, sampai terjadinya pergolakan di beberapa daerah.  Sikap Banu Hasyim terhadap pemerintaha Usman dan sikap kabilah-kabilah terhadap kekuasaan kuraisy. Bagaimana politik Usman berhadapan dengan semua itu, yang juga tidak lepas rongrongan kekuasaan Rumawi dan Persia yang selalu mengancam ?

     

    Munculnya tokoh-tokoh misterius yang lebih banyak diwarnai oleh ambisi politik, disusul kemudian dengan timbulnya fitnah dan peristiwa tragis sampai Khalifah Usman sendiri, yang tidak bersalah, harus menjadi korban.

    Harga:Rp. 50.000,-
  • Halaman: « Kembali 1 2