Sejarah / Biografi

  • Halaman: « Kembali 1 2 3 4
  • Sejarah Hidup Muhammad, Biografi Rasulullah SAW Yang Legendaris dan Terpercaya, Karya Muhammad Husein Haikal

    Cinta Rasul|Sejarah / Biografi

    Buku di tangan pembaca ini merupakan salah satu adikarya Muhammad Husain Haekal, penulis dan juga wartawan yang kemudian menjadi Menteri Pendidikan Mesir. Buku ini disusun dengan menggunakan metode penelitian ilmiah. Penulis memilih pendekatan tersebut untuk menemukan rujukan yang paling mendekati kebenaran mengenai sosok Muhammad, Rasulullah saw.

     

    Haekal menghimpun berbagai buku sejarah dan sirah Nabi, lalu menganalisis dan mempelajarinya secara teliti dan saksama untuk kemudian menuturkan fragmen-fragmen kehidupan Muhammad dari berbagai sisi, termasuk agama, budaya, ekonomi, dan politik. Karena itulah dalam buku ini, Muhammad Rasulullah saw. tampil sebagai sosok yang sangat manusiawi dan membumi. Berbagai sisi kehidupan Rasulullah diulas dengan gaya bahasa yang lugas dan mudah dipahami.

     

    Maka tak mengherankan jika hanya dalam beberapa minggu, 10.000 eksemplar edisi pertama buku ini langsung ludes diserap  pembaca Mesir. Disusul edisi kedua, ketiga, dan seterusnya hingga saat ini telah jutaan eksemplar buku ini yang dicetak dan diapresiasi para pembaca di seluruh dunia.

    Harga:Rp. 110.000,-
  • Sejarah Hidup Nabi Muhammad SAW – Dr. Muhammad Husain Haekal

    Sejarah / Biografi

    Tidak mungkin orang dapat mengenal Islam dengan baik, jika tidak mengenal sejarah orang yang membawa Islam itu.

     

    Terjemahan lengkap dan apa adanya dari buku Dr. Muhammad Husain Haekal: “Hayat Muhammad” yang sudah cukup dikenal. Buku ini merupakan studi mendalam dan cermat tentang sejarah hidup Muhammad Rasulullah dan diteliti dari sumber-sumber Islam dan sumber bukan Islam yang penting. Muhammad sebagai manusia dan sebagai Rasul dibicarakan dengan seksama. Dalam peristiwa yang sangat kritis, di sana-sini penulis terpaksa berhadapan dengan pikiran awam dan sekaligus dengan tanggapan penulis-penulis luar. Semua itu dikemukakan dengan hati-hati dan logis. Dimulai dengan dua buah kata pengantar yang menilai tanggapan penulis-penulis Islam dan bukan Islam tentang beberapa masalah sekitar pribadi Rasulullah, kemudian penulis memulai telaahnya dalam dua bagian khusus tentang masyarakat Arab Pra-Islam. Kata pengantar ini mempunyai nilai sendiri yang perlu sekali kita baca.

     

    Kelahiran Muhammad -masa anak-anak- waktu turnnya wahyu pertama- perjuangan selanjutnya sampai masa terakhir, dilukiskan jelas dan terinci, tetapi tidak bertele-tele. Segi kemasyarakatan dan budayanya serta pengaruh peradaban dan kepercayaan yang ada, ditutup dengan dua bagian penting. Pertama, kebudayaan Islam seperti dilukiskan Qur’an: kedua, Orientalis dan kebudayaan Islam. Edisi bahasa Arab diantar dengan kata perkenalan oleh Syaikh Muhammad Mustafa Al-Maraghi, Rektor Universitas Al-Azhar, Kairo, dan terjemahan bahasa Indonesia disambut oleh prof. Dr. Hamka.

     

    Membaca buku sejarah Hidup Muhammad karya Muhammad Husain Haekal yang diterjemahkan oleh Ali Audah ini, rasanya sangat nikmat dan sedap; lebih-lebih jika dilakukan setelah bersembahyang tarawih dan bila suasana sudah agak hening.

    Harga:Rp. 160.000,-
  • Sejarah Hidup Nabi-Nabi, Salim Bahreisy

    Sejarah / Biografi

    Salah satu rukun iman, ialah iman kepada para Nabi dan Rasul, terutama dua puluh lima Nabi dan Rasul yang kisahnya telah diwahyukan oleh Allah kepada Nabi Muhammad di dalam kitab suci Al-Qur’anul Karim. Maka akan makin mantaplah iman seseorang mukmin jika di samping mengenal dan menghafalkan nama para Nabi dan Rasul itu, tapi juga mengetahui sejarah perjuangan mereka menyampaikan risalah Allah kepada umatnya

     

    Adapun pokok-pokok yang tersusun dalam buku ini sumbernya dari Allah Swt yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad Saw, sebagaimana telah tersurat dalam Al-Qur’an. Beberapa Nabi seperti Nabi Ilyas, Dzul Kifli, El-Yasa yang hanya nama-namanya tercantum dalam Al-Qur’an tanpa menceritakan kisahnya, tidak dikisahkan dalam buku ini.

    Harga:Rp. 55.000,-
  • Sejarah Hidup Sayyidina Abu Bakar As-Siddiq - Muhammad Husain Haekal

    Sejarah / Biografi

    Diterjemahkan sepenuhnya menurut buku aslinya tanpa terlalu jauh meninggalkan gaya (uslub) pengarang yang terkenal khas.

     

    Banyak pelajaran yang akan kita peroleh, bagaimana disiplin yang diajarkan Nabi dipertahankan oleh para sahabat, bagaimana Abu Bakr, Umar, dan Khalid sebagai jenderal yang jenius dan yang lain dapat berjaya, patuh dengan penuh disiplin kepada Nabi. Setelah Nabi wafat kepemimpinan dipegang Abu Bakr dengan kepatuhan dan disiplin yang tetap dipertahankan, begitu indah sebagai teladan.

    Studi analisis tidak hanya tentang Abu Bakr, tetapi antara lain juga mengenai Khalid bin al-Walid, `Amr bin al-'As dan yang lain, sekaligus dapat kita lihat Islam di Asia barat daya masa itu.

     

    Membaca sejarah yang ditulis Haekal ini kita seperti membaca sebuah novel, dengan analisis psikologi tentang watak pribadi-pribadi pelaku sejarah itu.

    Dengan membaca Sejarah Hidup Muhammad sedikit banyak kita sudah mengenal Haekal sebagai sarjana dan sastrawan terkemuka, dia juga penulis biografi yang teliti dan punya kesabaran mengamati sampai soal yang sekecil-kecilnya: Soal pengumpulan Qur' an dibahas terinci. Tidak sekadar biografi, tetapi penulis membahas juga soal konsep negara dan pemerintahan Islam,dengan cara dan gayanya yang menarik sekali.

    Karena pengertiannya, kesetiaan dan disiplinnya yang tinggi, Abu Bakr dengan gemilang dapat meneruskan kepemimpinan Nabi dalam menjalankan tugasnya. Bagaimana perjalanan sejarah Islam jika setelah Rasulullah wafat bukan Abu Bakr yang menggantikannya ? Itulah pertanyaan yang menggoda pengarang. Bagaimana jawabannya ? Banyak pelajaran yang dapat kita peroleh dari buku ini.

    Harga:Rp. 105.000,-
  • Sejarah Hidup Sayyidina Ali bin Abi Talib Sampai kepada Hasan dan Husain

    Sejarah / Biografi

    Sayyidina Ali bin Abi Talib adalah salah satu dari sahabat Rasulullah SAW yang dijamin masuk surga. Kecerdasannya diakui oleh Nabi. Dari empat Khulafaurasyidin, hanya Sayyidina Ali yang meninggalkan karya monumental Najh al- Balagh

     

    Sejarah membuktikan, bahwa Sayyidina Ali adalah tokoh muda pemberani masa itu; sebagai ‘tameng hidup’ Nabi ketika berangkat hijrah; membuat ciut nyali musuh dalam beberapa peristiwa penting; serta penakluk benteng Khaibar. Kontroversi mengenai dirinya pun tak kalah hebatnya; pengangkatan kekhalifahan setelah Nabi; kematian Usman bin Affan; pemberontakan dua klompok oposisi, Aisyah dan Mu`awiyah; hingga terbunuhnya Sayyidina Ali di tangan Ibn Muljam seorang Khawarij.

     

    Biografi ini Insya Allah bersih dari segala kepentingan dan tidak memihak salah satu kelompok mana pun karena ditulis berdasarkan sumber-sumber sejarah yang kuat dan dapat dipertanggungjawabkan, serta bukan hanya bersifat deskriptif, melainkan juga studi analisis. Hal tersebut lebih tampak ketika memasuki babak baru setelah Ali, yakni peristiwa penting kehidupan kedua putranya Hasan dan Husain. Mengapa terjadi demikian, dan bagaimana akhirnya?

     

    Semua dikupas tuntas disertai analisis yang tajam dari penulisnya, Ali Audah. Dia lebih dikenal sebagai sastrawan dan budayawan yang telah mengantarkan empat seri tokoh sejarah Islam karya Muhammad Husain Haekal, yakni sejarah Hidup Muhammad, Abu Bakr as-Syiddiq, Umar bin khattab dan Usman bin Affan. Sehingga dengan hadirnya buku ini, menambah kelengkapan koleksi buku biografi sebelumnya.

    Harga:Rp. 80.000,-»72.000,-
  • Sejarah Hidup Sayyidina Umar bin Khattab – Muhammad Husain Haekal

    Sejarah / Biografi

    Di antara para sahabat Nabi Muhammad saw, jelas Sayyidina Umar bin Khattab yang paling banyak dibicarakan, dikutip dan dibahas orang. Mengapa begitu? Dalam buku ini, tampak jelas kehidupan tokoh yang luar biasa ini sejak kelahirannya, masa jahiliahnya yang garang, masuk Islam serta peranannya di samping Nabi dan sahabat-sahabatnya, mendampingi Abu Bakar as-Shiddiq, menjadi Amirulmukminin, hingga akhir hayatnya, dengan bahasa terjemahan yang enak dibaca dan jelas. Rasanya tak akan berhenti kita membacanya sebelum tamat.

     

    Analisisnya tentang kehidupan agama, sosial, politik dan administrasi Negara dirintis oleh Sayyidina Umar dengan peranannya yang begitu menonjol dalam bergelut dengan semua itu. Masuknya Islam ke Irak, ke Syam, ke Persia dan ke Mesir merupakan sejarah Islam tersendiri. Keyakinan apa saja yang dianut mereka sebelum kedatangan Islam ke sana dan bagaimana sikap dan sambutan mereka terhadap agama baru ini? Bagaimana kebijakan Umar dalam hal ini? Mengapa begitu? Jawaban yang diberikan pengarang untuk semua itu serta logikanya yang mendasarinya memberi wawasan tersendiri yang sangat berharga buat direnungkan, terutama dalam kehidupan kita masa sekarang.

     

    Akan kita lihat juga ijtihad Sayyidina Umar dalam hukum fikih yang berlaku pada zamannya, di samping peristiwa-peristiwa hukum baru yang timbul setelah Rasulullah wafat. Ijtihadnya tentang hadist Nabi itu sendiri, tentang minuman keras, tentang hukum talak, tentang mualaf dan sebagainya. Fikih banyak berutang budi kepada Umar, kata para ahli, Mengapa khalifah yang agung ini menjadi pembicaraan orang sebagai tokoh sejarah, di Timur dan di Barat, dan dijadikan teladan?

     

    Kalau kita ingin membaca biografi atau sejarah dengan penelitian dan analisis yang mendalam, tetapi seperti membaca sebuah novel, mengasyikkan, maka yang demikian itu akan kita dapati dalam buku ini.

     

    Buku-buku biografi yang ditulis Muhammad Husain Haekal, termasuk buku ini, sering menimbulkan inpirasi. Begitu juga dalam ia membuat studi, meneliti lalu memberi ulasan. Tidak begitu saja ia menerima apa yang biasa ditulis orang. Ia membuat kesimpulan, setelah menghadapi masalah-masalah yang dipandang rumit.

    Harga:Rp. 120.000,-
  • Sepucuk Surat Cinta Untuk Anak Cucu Fatimah Az Zahra, Untaian Nasehat Dari Salafus Shaleh Untuk Para Pecintanya

    Petuah Bijak|Sejarah / Biografi

    Jauhnya masyarakat dari akhlak Salafus Shaleh menjadikan syariat mulai terabaikan. Bahkan keturunan mulia yang bernasab kepada makhluk yang paling mulia, yang seharusnya menjadi penerus para leluhurnya sedikit sekali untuk bisa diharapkan. Yang terjadi mereka enggan mengikuti jejak leluhurnya, bahkan menyimpang dari jalan yang sudah dibangun oleh para pendahulunya selama ini.

     

    Dengan hadirnya buku “Sepucuk Surat Cinta Untuk Anak Cucu Fatimah Az Zahra, Untaian dari Salafus Shaleh Untuk Para Pecintanya” berharap agar para keturunan mulia tersebut kembali ke jalan para leluhurnya, baik ilmu, ibadah dan akhlak yang luhur, mengenal biografi mereka, sehingga bisa mengayomi umat menuju jalan yang lurus dan diridhoi. Serta, bisa menjadikan keturunan mulia tersebut keturunan yang bisa membanggakan hati kakek mereka Baginda Muhammad Saw dan puteri tercintanya Sayyidah Fatimah Az Zahra Radhiallahuanha.

    Harga:Rp. 45.000,-
  • Sirah Nabawiyah - Perjalanan Hidup Rasul yang Agung Muhammad SAW, Dari Lahir Hingga Detik-detik Terakhir

    Cinta Rasul|Sejarah / Biografi

    Manakala untuk mendapatkan informasi secara rinci dan gamblang mengenai riwayat hidup para nabi terdahulu sangat sulit, maka lain halnya dengan sirah (riwayat hidup) Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Sirah beliau dipaparkan secara rinci dan gamblang, sejak dari menjelang kelahirannya, lingkungannya, kehidupannya sebelum menjadi Rasul, bagaimana diutus, kehidupannya di tengah masyarakat, hingga kepada hal yang sekecil-kecilnya.

    Bukan itu saja, bahkan kelengkapan sirah beliau mencakup semua aspek kehidupannya mulai dari persoalan ibadah, mu’amalah, sosial dan sebagainya. Hal ini menandakan bahwa sirah beliau tidak sekedar menitikberatkan perhatian pada hal-hal yang bersifat ukhrawi saja, namun juga yang bersifat duniawi.

    Membaca sirah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam juga bukan sekedar untuk bahan bacaan dan mendapatkan informasi sesaat di mana setelah itu selesai, tetapi lebih dari itu; yaitu untuk meneladani sifat dan kehidupan beliau dalam segala hal, mengambil ‘ibrah (pelajaran) darinya dan menerapkannya dalam kehidupan.

    Buku ini merupakan salah satu referensi penting untuk mendapatkan hal itu. Di dalamnya terdapat kupasan menarik mengenai sejarah kehidupan bangsa Arab; kehidupan agama, sosial, budaya, politik, ekonomi, letak georafisnya, suku-sukunya dan beberapa kerajaan yang ada saat itu. Dipaparkan pula sisi kehidupan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam secara lengkap dan terperinci kemudian ditutup dengan pemaparan detik-detik terakhir kehidupan beliau serta gambaran sifat dan budi pekerti beliau.

    Nilai tambah buku ini: Analisis sejarah yang tajam dengan argumentasi yang akurat Konversi semua kejadian dalam tahun Hijriah ke dalam tahun Masehi Diedit secara ketat oleh tim muraja’ah dan editor Penguasaan penulis di bidang hadits, membuat beliau sangat jeli di dalam memilah dan memilih hadits serta mengkritisinya Menjaga dengan sangat amanah ilmiah di dalam penerjemahan Diterjemahkan dari buku asli yang telah direvisi sendiri oleh pengarangnya sehingga otomatis banyak tambahan yang bermanfaat dan penghapusan hal-hal yang tidak diperlukan Dilengkapi dengan peta lokasi yang sudah direvisi Dengan demikian, buku ini amat layak untuk dimiliki dan dijadikan sebagai salah satu rujukan penting dalam literatur perpustakaan Islam, wallahu a’lam
    Harga:Rp. 120.000,-
  • Sosok Kebanggaan Umat Syeikh Abu Bakar bin Salim, Manaqib dan Sejarah Hidupnya

    Sejarah / Biografi

    Mengangkat sejarah perjalanan hidup seseorang yang terhiasi dengan berbagai kemuliaan dianggap cukup perlu di zaman sekarang ini, tak lain agar bisa meniru, meneladani dan menimbang amal perbuatan umat zaman sekarang dengan mereka yang terdahulu.

     

    Syeikh Abu Bakar bin Salim adalah sosok teladan yang patutu dibanggakan. Bagaimana tidak, kehidupannya penuh dengan ketaatan kepada Allah, kecintaan dan peneladanannya  kepada Rasulullah serta kasih sayang kepada umatnya. Terdidik di dalam keluarga yang penuh akhlak dan perangai yang baik, bernasab mulia nan agung, pemilik maqam tinggi di sisiNya.

     

    Buku ini sangat layak bagi mereka yang ingin lebih mengenal Syekh Abu Bakar bin Salim. Di dalamnya terdapat sejarah hidup, akhlak dan buku pekerti, doa dan wirid kesehariannya, peninggalan dan karomahnya, serta kemuliaan anak cucu dan perhatian sepeninggalnya. Semua itu dikemas dengan bahasa yang mudah dipahami dengan pembahasan yang cukup gamblang.

    Harga:Rp. 50.000,-
  • Sumbangan Peradaban Islam Pada Dunia

    Sejarah / Biografi

    Jika kita masuk mesin waktu menuju kurun pertengahan  sekitar abad ke-10 Masehi dan terbang  menyusuri kota-kota dunia Islam dan kota-kota dunia  Barat, kita akan tercengang. Di satu sisi kita akan melihat  dunia yang penuh dengan kehidupan, kekuatan dan  peradaban, yakni dunia Islam. Di sisi lain kita akan melihat belahan dunia yang primitif, tak mengenal ilmu pengetahuan dan peradaban, yakni dunia Barat.

     

    Adalah Prof. Dr. Raghib As-Sirjani. Ia berusaha mengungkap kembali kejayaan Islam tersebut. Ia menulis buku ini sebagai persembahan untuk peradaban Islam. Sebuah peradaban mengagumkan yang telah menguras perhatian para peneliti objektif dari Barat.

     

    Yang membuat buku ini istimewa adalah, pemaparannya yang ilmiah, realistis, dan seluruh persembahan umat Islam, baik keilmuan maupun peradaban ia paparkan dengan penuh data dan argumentasi yang tak terbantahkan.

     

    Dengan keistimewaan tersebut, wajar kalau buku ini meraih Penghargaan Mubarak (Presiden Mesir) bidang ad-Dirasah al-Islamiah untuk tahun 2009. Sekarang, versi terjemahan buku tersebut ada di tangan Anda. Selamat menikmati.

    Harga:Rp. 180.000,-
  • Tarim, Kota Pusat Peradaban Islam - Ya Tarim wa Ahlaha

    Sejarah / Biografi

    Yaa Tariim wa Ahlaha… Kata-kata tersebut merupakan tawasulan dengan penduduk Tarim yang dikenal shaleh dan dekat kepada Allah swt. Kota Tarim sudah ada semenjak abad ke 13 sebelum masehi. Secara geografis kota ini terletak di dataran rendah yang dikelilingi bukit pasir berbatu.

     

    Saat kunjungannya ke Kota Tarim, Sayyidina Abubakar Ash-Shiddiq bermunajat dengan tiga doa: Pertama, semoga kota Tarim diberi kemakmuran. Kedua, semoga diberikan berkah sumber airnya. Ketiga, semoga dipenuhi oleh orang-orang shaleh hingga datangnya hari kiamat.

     

    Para Dzurriyah Rasul hijrah ke kota Tarim untuk menyelamatkan akidah Ahlussunnah Wal Jamaah. Kemudian dari sinilah kaum Alawiyyin melahirkan generasi dakwah yang telah menyebarkan Islam ke seluruh pelosok dunia dengan akidah murninya.

     

    Tarim disebut sebagai pusat pendidikan Islam. Di kota ini banyak terdapat institusi semacam pesantren. Tarim menyimpan sejarah peradapan Islam sejak abad ke-4 Hijriyah. Banyaknya para ulama, menjadikan Tarim sebagai kota idola para penuntut Ilmu.

     

    Di dalam buku ini dibahas segala hal mengenai kota Tarim. Mulai dari keadaan geograis hingga ciri khas para penduduknya, serta apa saja yang ada di kota Tarim, mulai Masjid, bangunan bersejarah hingga institusi pendidikannya. Buku ini dilengkapi foto-foto eksklusif, sehingga Anda seolah berada di dalamnya.

    Stok Habis
    Harga:Rp. 33.000,-»30.000,-
  • Tawanan Benteng Lapis Tujuh: Novel Biografi Ibnu Sina

    Novel Islami|Sejarah / Biografi

    Buku ini mengurai rekam-jejak perjalanan hidup dokter-filsuf muslim terkemuka, Ibnu Sina (908–1037), sejak masa kecil di Bukhara hingga ia bersentuhan dengan penguasa, dan hidup dari istana ke istana sebagai dokter pribadi sultan. Sebagaimana harga yang mesti dibayar oleh cendekiawan yang menceburkan diri ke dalam kubangan kekuasaan, Ibnu Sina berhadapan dengan siasat jahat, tipu-daya, dendam-kesumat akibat kedengkian para petinggi istana lantaran perhatian khusus yang diperolehnya dari sultan.
     
    Bermusim-musim ia hidup dalam kejaran Mahmud Ghaznawi, penguasa Turki yang menjanjikan hadiah 5.000 keping emas bagi yang berhasil membekuk as-Syaikh ar-Rais itu hidup-hidup. Dari istana Ibnu al-Ma’mun (Gurganj) ia menantang terjangan badai di sahara Khawaran. Abu Sahl, sejawat karibnya tewas, hingga ia menggelandang seorang diri.

    Lepas dari sebuah kesulitan, Ibnu Sina dihadapkan pada intrik-intrik politik yang jauh lebih menyakitkan. Saat menjabat sebagai perdana menteri di pemerintahan Syams ad-Daulah (Hamdan), ia nyaris terbunuh lantaran kebijakannya dianggap tidak berpihak pada angkatan bersenjata, dan pada masa kekuasaan Ala ad-Daulah, ia harus mendekam di penjara berlapis tujuh.  Namun, dalam kekalutan dan ketidaknyamanan itulah Ibnu Sina melahirkan magnum opus Al-Qânûn fî at-Thibb dan As-Syifâ’ yang telah menggemparkan khazanah keilmuan—khususnya kedokteran—di seluruh belahan dunia.

    Harga:Rp. 35.000,-
  • Terjemah Kitab Duruus At Tarikh Al Islamy karya Syekh Muhyiddin Al Khoyyat {2 Jilid}

    Sejarah / Biografi

    Buku ini adalah terjemah dari Kitab Duruus At Tarikh Al Islamy karya Syekh Muhyiddin Al Khoyyat. Buku ini merupakan satu satunya kitab sejarah Islam yang lebih lengkap dan banyak dijadikan pegangan dalam bidang studi sejarah Islam diberbagai lembaga pendidikan Islam.

     

    Buku sejarah ini akan menjadi saksi, bahwa tuduhan orang orang kafir yang mengatakan kalau Islam itu disebarkan dengan pedang dan senjata hanyalah mitos yang penuh hayalan. Orang orang Islam dalam penaklukannya sangatlah toleransi dan menjunjung tinggi hak hak asasi manusia. Fakta sejarah ini akan membuat orang orang kafir itu menjadi malu.

    Harga:Rp. 21.000,-
  • Terjemah Kitab Nuurul Yaqiin, Sejarah Nabi Muhammad Saw

    Cinta Rasul|Sejarah / Biografi

    Nuurul Yaqiin adalah sebuah kitab yang bertutur tentang tarikh/sejarah perjalanan hidup Rasulullah Saw, mulai lahir hingga akhir hayatnya. Diceritakan secara teratur dan runtut sesuai alur kehidupan Rasulullah. Kesempurnaan akhlak dan budi pekerti Rasulullahpun tak luput diceritakan, juga mukjizat mukjizat beliau.

     

    Bagi seorang muslim, sikap dan kepribadian Nabi Besar Muhammad Saw yang mulia itu wajib dijadikan contoh dalam kehidupan sehari hari. Tentu saja, tak mungkin seseorang bisa mencontohnya, apabila ia tidak mengenal dan mengetahui bagaimana kisah dan sejarahnya hidupnya. Buku hadir untuk itu.

    Harga:Rp. 35.000,-
  • The Founding Fathers of Nahdlatoel Oelama (Rekaman Biografi 23 Tokoh Pendiri NU)

    Sejarah / Biografi

    Buku The Founding Fathers of Nahdlatoel Oelama’ ini hadir untuk mengenalkan masyarakat kepada tokoh-tokoh yang menjadi perintis berdirinya organisasi Nahdlatoel Oelama’. Di buku ini direkam jejak 23 tokoh ulama se-Jawa dan Madura yang ikut berpartisipasi atas berdirinya Nahdlatoel Oelama’ dengan disertai peran khusus mereka, seperti Syaikhona Kholil sebagai penentu berdirinya Nahdlatul Ulama, Kiai Hasyim Asy’ari sebagai Rois Akbar Nahdlatul Ulama, Kiai Wahab Hasbullah sebagai konseptor lahirnya Nahdlatul Ulama, Kiai Raden Asnawi sebagai argumenator Nahdlatul Ulama, Kiai As’ad sebagai mediator lahirnya Nahdlatul Ulama, Kiai Raden Hambali sebagai arsitek Prasasti Nahdlatul Ulama, Kiai Ridwan Abdullah sebagai desainer lambang Nahdlatul Ulama, Kiai Mas Alwi bin Abdul Aziz sebagai pengusul nama Nahdlatul Ulama dan lain-lain.

     

    “Tak kenal, maka tak sayang” kata pepatah kuno yang memberikan sebuah nasehat, bagaimana seharusnya generasi penerus agar bisa mengenang jasa-jasa generasi yang telah mendahuluinya. Bukan sekedar mendahului belaka, namun, pendahuluan yang dibarengi dengan sebuah perjuangan panjang supaya kelak anak cucunya dapat hidup tenang dan merdeka dalam meneruskan estafet, izzul islam wal muslimin wal buldah.

    Harga:Rp. 50.000,-
  • Ulama Ulama Kitab Kuning Indonesia

    Sejarah / Biografi

    Indonesia adalah sebuah negeri yang letaknya jauh dari kota Makkah, kota lahirnya Islam. Namun siapa yang menyangka, bahwa di Indonesia bermunculan ilmuwan ilmmuwan Islam yang berkelas dunia?

     

    Mereka adalah barometer, mereka adalah cermin buat generasi sekarang dan yang akan datang. Tulisan tulisan mereka bagai tinta emas yang selalu di buru dan dipelajari oleh para ilmuwan, mahasiswa dan santri. Lewat karya karyanya pula mereka mampu melambungkan nama Indonesia di kancah dunia Islam. Mereka adalah Ulama Ulama Kitab Kuning Indonesia.

     

    Buku ini berisi biografi ulama ulama yang Indonesia yang hingga kini karya tulisnya masih banyak dipelajari di dunia Islam

    Harga:Rp. 12.000,-
  • Ummul Mukminin Aisyah Potret Wanita Mulia Sepanjang Zaman

    Muslimah|Sejarah / Biografi

    Aisyah radhiyallahu anha adalah istri Nabi Muhammad yang paling beliau cintai. la memiliki banyak keutamaan dan keistimewaan yang tidak dimiliki istri-istri beliau yang lain. Di antaranya adalah, Aisyah merupakan satu-satunya istri Nabi yang perawan; Allah Ta’ala menurunkan dari langit pembebasannya dari tuduhan keji; Malaikat Jibril datang menemui Nabi dengan membawa gambarnya; wahyu turun kepada Nabi saat beliau berada dalam satu selimut bersama Aisyah radhiyallahu anha; Aisyah pernah melihat Malaikat Jibril; Allah Ta’ala mencabut nyawa Nabi saat berada dalam dekapan Aisyah, bertepatan pada hari giliran Aisyah, dan beliau dimakamkan di rumah Aisyah,.

    Aisyah radhiyallahu anha bukan hanya seorang istri Nabi, tapi juga merupakan bintang di langit sejarah Islam. Salah satu credit point terbesarnya adalah, banyaknya jumlah hadits yang is hafal dari Rasulullah dan kepahamannya tentang figih, hadits, tafsir, ilmu syariat, sastra, syair, sejarah, nasab, ataupun pengobatan, sehingga is menjadi rujukan utama bagi para sahabat dan shahabiyat lainnya. Itu hanya salah satunya, disamping luasnya lautan kepribadian dirinya sebagai Ummul Mukminin yang menjadi rujukan kepribadian seluruh muslimah.

    Buku ini memaparkan `segudang’ keutamaan dan keistimewaan Aisyah; luasnya cakrawala ilmu dan pemahaman Islamnya; dan bantahan¬bantahan terhadap syubhat-syubhat yang dilontarkan kaum orientalis dan Syiah untuk mendiskreditkan dan menodai kehormatan pribadi Aisyah, istri pembawa risalah Islam, Muhammad shallallahu alaihi wasallam.
    Harga:Rp. 85.000,-
  • Usman bin Affan - Antara Kekhalifahan dengan Kerajaan - Muhammad Husain Haekal

    Sejarah / Biografi

    Bagian pertama buku ini akan mengenalkan kita dengan sosok khalifah ke-3, Usman bin Affan RA, paras muka, gerak-gerik dan kegemarannya, asal-usul dan kedudukannya disamping Nabi dan para sahabat, akhlaknya sebelum dan sesudah masuk Islam. Perkawinannya dengan Ruqayyah dan Um Kulsum putri-putri Nabi, sampai hijrahnya ke Abisinia.

     

    Diuraikan rangkuman peristiwa pemilihan khalifah pengganti Khalifah Umar bin Khattab. Persaingan antara Banu Hasyim dan Banu Umayyah memperebutkan jabatan khalifah, sampai terpilih dan dilantiknya Usman. Dilema pertama yang dihadapinya menyelesaikan masalah hukum setelah Umar, sampai terjadinya pergolakan di beberapa daerah.  Sikap Banu Hasyim terhadap pemerintaha Usman dan sikap kabilah-kabilah terhadap kekuasaan kuraisy. Bagaimana politik Usman berhadapan dengan semua itu, yang juga tidak lepas rongrongan kekuasaan Rumawi dan Persia yang selalu mengancam ?

     

    Munculnya tokoh-tokoh misterius yang lebih banyak diwarnai oleh ambisi politik, disusul kemudian dengan timbulnya fitnah dan peristiwa tragis sampai Khalifah Usman sendiri, yang tidak bersalah, harus menjadi korban.

    Harga:Rp. 50.000,-
  • Wanita-Wanita Al-Quran, Kisah Nyata Perempuan-Perempuan Hebat Yang Dicatat Abadi dalam Kitab Suci

    Kisah Hikmah|Muslimah|Sejarah / Biografi

    Buku ini tampil sebagai gambaran indah dan lembut mengenai kehidupan para wanita yang diabadikan Al-Quran supaya jadi panutan dan cermin bagi semua umat manusia. Dengan lembut dan renyah, bagian pertama mengisahkan 14 perempuan yang berperan penting dalam sejarah hidup para nabi: Siapa Hawwa, ibunda seluruh umat manusia itu? Bagaimana kisah hidup dua istri nabi—Nuh dan Luth—yang sama-sama khianat kepada suami mereka dan menolak beriman kepada Allah?

     

    Bagaimana pergulatan hidup Hajar (istri Ibrahim), Rahmah (istri Ayyub), dan Shafurah (istri Musa)—wanita-wanita simbol keimanan dan pengorbanan yang aktif dan setia menyertai sang suami berjuang menyerukan petunjuk dan kebenaran?

     

    Bagaimana Sarah (istri Ibrahim), Yokabed (ibu Musa dan Harun), Elizabet (istri Zakaria dan ibu Yahya), dan Maryam (ibu Isa), serta Asiyah (istri Fir‘aun) mencurahkan cinta dan kasih sayang luar biasa kepada putra mereka? Apa peran Maryam (saudari Musa) yang mencurahkan segenap perhatian kepada saudaranya dan menjaga hidupnya?

     

    Bagaimana kisah cinta Zulaikha, istri raja Mesir, dan Balqis, ratu negeri Saba’?


    Bagian kedua menyajikan kisah-kisah wanita yang melatari turunnya ayat-ayat suci Al-Quran. Anda diajak menyaksikan detik-detik turunnya wahyu dalam memberikan jawaban, bantahan, dan solusi nilai atas dinamika kehidupan generasi muslimah awal. Ditopang data-data historis dan riwayat tepercaya, Anda tidak hanya disuguhi konteks pembentukan syariat Islam (pernikahan, waris, kepemimpinan perempuan, dsb.), tapi juga keteladanan iman dan akhlak dari generasi Nabi.

     

    Selamat menikmati, Anda akan mendapatkan rasa baru dalam membaca ayat-ayat suci yang mungkin selama ini telah Anda akrabi.

    Harga:Rp. 55.000,-
  • Wanita-Wanita Mulia Sepanjang Masa, Perjalanan Cinta Kasih Istri-Istri Rasulullah

    Keluarga Sakinah|Muslimah|Sejarah / Biografi

    Siapakah sosok wanita yang pantas dijadikan idola dan teladan?

    Jawabannya, istri-istri Rasulullah saw. Kenapa? Karena mereka adalah wanita pilihan, yang tidak hanya pantas dijadikan teladan dalam keluarga, tapi juga panutan dalam hal ibadah, muamalah, dan dakwah. Di balik sosok pria tangguh dan perkasa, ada wanita yang luar biasa. Demikianlah halnya dengan Rasulullah saw. yang selalu di-support oleh istri-istri cerdas yang ada di sekitarnya.

    Mereka tidak hanya mendistribusikan ide, pemikiran, semangat, dan materi, namun mereka juga rela berkorban nyawa untuk kesuksesan Rasulllah Saw. Tidak heran jika dalam lembaran rumah tangga Rasulullah senantiasa ditemukan banyak hal yang menakjubkan, bahkan boleh jadi tidak pernah terlintas dalam benak setiap manusia. Di sadari atau tidak, semua tindak tanduk ummuhât mu’minîn merupakan manifestasi dari apa yang mereka timba dari Rasulullah; mata air kebenaran dan keluhuran hidup.

    Dengan menyelami kehidupan mereka, niscaya kita akan menemukan berlapis-lapis semangat untuk selalu menjadi yang terbaik untuk pasangan kita. Lebih-lebih kaum wanita yang mendambakan hidup penuh keridhaan suaminya, dan sementara tidak ada biduk rumah tangga yang sarat akan makna ketimbang rumah tangga yang dibina  langsung oleh Rasulullah saw. Oleh karena itu, buku ini sangat cocok bagi Anda yang ingin “berdamai” dengan siklus naik turun yang ada di dalam rumah tangga sehingga senantiasa bahagia.
    Harga:Rp. 69.000,-
  • Halaman: « Kembali 1 2 3 4